Peringati Hari Bhakti Rimbawan, Dishut Tanam Pohon di Taman Makam Pahlawan

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 Maret 2020 10:13, Dibaca 423 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Peringati Hari Bhakti Rimbawan ke-37, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Dishut Prov. Kalteng), kembali melakukan kegiatan "Jum`at Menanam" di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Palangka Raya, Jum’at (13/03/2020).

“Kegiatan Jum`at Menanam ini dilakukan kurang lebih sudah hampir 5 sampai 6 bulan yang lalu, salah satu tujuannya adalah menurunkan emisi khususnya di kota”, ucap Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Prov. Kalteng H. Sri Suwanto usai melakukan penanaman pohon.

Kegiatan "Jum`at Menanam” yang digagas oleh Dishut sudah dilakukan dari beberapa bulan yang lalu. Kegiatan menanam pohon diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global khususnya di Kota Palangka Raya.

Kadishut Provinsi Kalimantan Tengah H. Sri Suwanto juga menuturkan kenapa memilih area Taman Makam Pahlawan sebagai tempat lokasi penanaman, yakni selain untuk mengurangi emisi gas rumah kaca tetapi juga berharap pengunjung yang ingin memasuki area tersebut merasa sejuk dan nyaman.

"Jumlah bibit yang ditanam setiap hari Jum’at berkisar kurang lebih 200 bibit, namun juga nantinya akan dilakukan penanaman dalam partai besar, yakni 1000 hingga 2000 bibit, hal tersebut menyesuaikan dengan lokasi tempat penanamannya”, imbuhnya.

Kurang lebih 200 bibit pohon ditanam di area Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, yang terbagi dari bermacam-macam jenis, mulai dari jenis Pohon Peneduh seperti Trembesi dan jenis pohon Produktif seperti cempedak, kelengkeng dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut H. Sri Suwanto menjelaskan akan terus melaksanakan program kegiatan “Jum’at Menanam” yang merupakan arahan dari Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi serta melakukan penghijauan di Kalimantan Tengah. (WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook