Gubernur Kalteng Dengarkan Aspirasi Pendamping Desa

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Februari 2020 22:30, Dibaca 688 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Keberadaan Pendamping Desa sangat diperlukan dalam membantu, memfasilitasi dan bekerjasama dengan aparatur desa agar pembangunan Desa dapat berjalan dengan maksimal.


Guna menyerap aspirasi seluruh pemdamping Desa, Gubernur H. Sugianto Sabran melakukan silahturahmi dan santap malam bersama para Pendamping Desa atau Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dari 13 kabupaten se-Kalimantan Tengah di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (26/2/2020) malam.

(Baca Juga : Perdana Car Free Day Expo (CFD) 2017)

Saat menyampaikan sambutan, Gubernur Sugianto Sabran mengungkapkan keinginannya yakni agar pendamping Desa mampu mengembangkan potensi sumber daya alam secara optimal dan bisa memahami apa yang dibutuhkan di desa tersebut untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya ingin berdialog mengenai kesulitan apa yang ditemui di lapangan atau mengapa suatu desa sulit berkembang," ungkap Gubernur.


Dialog bersama Gubernur, dipimpin langsung oleh Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah Sapto Nugroho.


Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menanyakan bagaimana ciri-ciri sebuah desa yang maju, mandiri dan berkembang kepada pendamping desa.

Selain itu, Gubernur juga menginginkan pendamping desa agar dapat melihat potensi yang bisa diolah dari desa yang didampinginya untuk membangun Kalteng, khususnya membangun kemandirian ekonomi desa melalui Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Disamping itu, diingatkan juga kepada para Pendamping Desa agar membantu Kepala Desa, dimana Pemerintah desa dituntut harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa agar tidak terjerat kasus hukum.

Dari hasil dialog disimpulkan bahwa, beberapa kendala yang dihadapi pendamping desa dalam mewujudkan pembangunan desa diantaranya kesulitan sarana, prasarana dan minimnya pendamping desa.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalteng Rojikinnoor yang turut hadir dan mendampingi jalannya acara dialog tersebut menuturkan yakni, seperti yang telah diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah, prioritas Pembangunan Prov. Kalteng Tahun 2020 difokuskan pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta perekonomian dalam arti luas. Ada beberapa hal yang menjadi prioritas, antara lain menurunkan jumlah Desa Tertinggal menjadi Desa Berkembang dan penguatan perangkat desa.

Dalam rangka mendukung prioritas pembangunan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga akan menggelar Rakor Pendamping Desa se-Kalteng tentang Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang rencananya akan digelar di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya pada hari Kamis, 27 Februari 2020 dalam rangka pembekalan teknis tentang pembangunan Desa dan perekonomian di Kalteng agar berjalan dengan maksimal, pungkas Rojikinnoor. (WN/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook