Napak Tilas Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 Kumai

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 12 Januari 2020 16:28, Dibaca 1,314 kali.


MMC Kalteng – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Angkatan Muda Penerus Pertempuran (AMPP) 14 Januari 1946 menyelenggarakan kegiatan Napak Tilas Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946.

Kegiatan napak tilas ini dimulai dari Pantai Kubu menuju ke Tugu Patung Orang Utan, Bundaran Monyet Kumai yang berjarak kurang lebih 20 km pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 11 s/d 12 Januari 2020. Peserta Napak tilas adalah pegawai Kesbangpol Kobar, KSOP Kumai, Anggota Koramil, Anggota Polsek, Satlinmas, Pramuka, Pelajar, Pemuda Kumai dan Pergurauan Pencak Silat yang ada di Kumai.

(Baca Juga : Pimpin Rapat Koordinasi KKS, Bupati Hj Nurhidayah Harapkan Penguatan Program Kegiatan)

Dalam sambutan pelepasan napak tilas Kepala Badan Kesbangpol melalui Sekretaris Marwoto, SIP mengatakan bahwa kegiatan napak tilas dengan berjalan kaki ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Peristiwa Petempuran 14 Januari 1946 di Kumai Kobar yang dipimpin oleh Panglima Utar.

“Generasi muda jangan melupakan sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa ini, karena hasil pembangunan yang sekarang ini disebabkan oleh perjuangan orang tua kita terdahulu, para generasi muda harus bisa menghayati apa yang dilakukan oleh para pendahulu kita,” kata Marwoto.

“Dengan semangat peristiwa 14 Januari 1946 ini menjadikan momen persatuan kita bagaimana ke depan kita membangun dan mengisi pembangunan di Kumai,  saya berharap semangat para pemuda Kumai untuk lebih bergairah lagi membangun bersama dengan pemerintah, dan saya berharap kedepan acara napak tilas ini tidak saja diikuti oleh masyarakat Kumai  tapi masyarakat Kobar secara keseluruhan,” pungkas Marwoto.

Peserta Napak Tilas mulai melakukan jalan kaki sekitar pukul 23.30 wib, dengan chek point peserta berada di Sei Sintuk dan disediakan panitia kopi dan teh serta snack untuk beristirahat sejenak.

Peserta Napak Tilas tiba sekitar pukul 04.00 wib dan dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Al-Hikmah, Jl.Pasir Putih RT 10 Sei Kapitan Kecamatab Kumai, Kemudian disambut Bupati Kobar, Hj Nurhidayah beserta Suami H Ruslan AS, Kaban Kesbangpol Kobar Mudelan, Camat Kumai, Kapolsek Kumai, Danramil Kumai dan panitia AMPP 14 Januari 1946. (rakhmanadi/kesbangpol kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook