Praktek Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB)

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 11 Desember 2019 07:43, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra membuka Sosialisasi Kebijakan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tampa Bakar tahun 2019 bertempat di lahan Desa Malawaken Jalan Negara - Lampeong KM 28 Kecamatan Teweh Baru, acara yang dihadiri Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Barito Utara, Kepala Desa se-Kabupaten Barito Utara, dan kelompok petani.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan hutan tidak hanya memberikan manfaat langsung (Tangible Use) sebagai penghasil kayu dan non kayu serta kekayaan alam lainnya, hutan juga memberikan manfaat secara tidak langsung (Intangible Use) atau fungsi secara ekologi yaitu sebagai penghasil oksigen, pengatur tata air, pencegah erosi dan banjir, tempat perlindungan alam hayati untuk kepentingan sains, budaya dan ekowisata. 
," jelas Sugianto.

(Baca Juga : Pj. Sekda Pulang Pisau : ASN Nakal Segera Laporkan)

Lebih lanjut kebakaran hutan dan lahan boleh dikatakan merupakan bencana yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia, khususnya di wilayah pulau Sumatera dan Kalimantan juga termasuk juga di wilayah Kabupaten Barito Utara sebagaimana yang pernah terjadi di tahun 1997 dan 2015.
Adapun tahun 2019 ini kebakaran cukup luas juga terjadi di wilayah Desa Kemawen dan Trahean.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara Ir. Suriawan Prihandi MP, melaporkan Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan DPA Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara dan kegiatan Ini bertujuan menambah pengetahuan baru bagi para petani tentang manfaat dan fungsi dari metode PTLB, mengurangi/meminimalisir kegiatan pembukaan lahan dengan cara membakar, meningkatkan kesadaran warga masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam upaya menjaga kelestarian hutan. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook