Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 : Gubernur Kalteng Ajak Semua Lembaga Bersinergi

Kontribusi dari Yudistira, 10 Desember 2019 11:54, Dibaca 170 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema Sinergi Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju diselenggarakan di Swisbell Hotel Danum Palangka Raya, 10 Desember 2019.

Turut hadir Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Bupati se-Kalteng, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalteng, Kepala Badan Pemeriksa Kalteng, Direktur Utama Bank Kalteng, serta para tamu undangan.

(Baca Juga : Disagregasi PMTB Sebagai Kegiatan Prioritas Nasional)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Rihando dalam sambutannya menyatakan sinergi bauran kebijakan yang efektif sangat diperlukan di era global sekarang ini.
"Ada tiga pelajaran penting yang perlu dilakukan, yaitu sinergi yang merupakan kekompakan kita bersama untuk pertahanan ekonomi. Kedua, transformasi, adalah kemampuan kita untuk segera menaikkan modal produktivitas agar meningkat, serta menyediakan tenaga kerja yang berkualitas. Serta ketiga inovasi, yang harus kita kembangkan dalam digitalisasi pertumbuhan ekonomi digital. Semua ini tidak akan bisa berlangsung tanpa ada sumbangsih masyarakat," ucap Rihando dalam sambutannya.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah atas koordinasi selama ini yang terjalin sangat baik," tutup orang nomor satu di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng ini.


Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Kalteng menyatakan Kalimantan Tengah memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah di berbagai sektor, yakni Kehutanan, Pertanian, Perkebunan, Pertambangan dan sebagainya.
Potensi daerah kita membuat kita mampu mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah yang selalu lebih tinggi dibandingkan nasional sejak tahun 2008 lalu. Bahkan untuk tahun 2019, sampai dengan triwulan III 2019 pertumbuhan ekonomi tahunan Provinsi Kalimantan Tengah berada di angka 5,31% (yoy), angka ini melebihi pertumbuhan Nasional yang berada di angka 5,02% (yoy). Hal ini menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah memiliki pertumbuhan tertinggi nomor tiga di wilayah Kalimantan sampai dengan triwulan III 2019.

Sinergi antar lembaga negara, pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat sangat diperlukan untuk mendorong transformasi ekonomi di Kalimantan Tengah. Koordinasi dan komunikasi harus terjalin dengan baik agar program-program pemerintah dapat diketahui dengan cepat bagi pelaku usaha dan masyarakat umum.


`Saya sangat menghargai dan mengapresiasi Bank Indonesia atas penyelenggaraan pertemuan tahunan ini. Semoga pertemuan ini dapat menjadi wadah media komunikasi Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan lembaga lainnya dalam rangka mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inflasi yang rendah dan stabil, kondisi sistem keuangan yang sehat dan stabil, tingkat kemiskinan dan pengangguran yang rendah, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,` demikian arahan Gubernur Sugianto Sabran dalam sambutan. (yds/ foto: yds)

Yudistira

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook