Pimpin Upacara Dies Natalis ke-56 UPR, Gubernur Harapkan Mahasiswa Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 11 November 2019 15:20, Dibaca 517 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyambut gembira dan mengucapkan selamat kepada Universitas Palangka Raya (UPR) yang telah berkiprah selama 56 tahun.

Hal ini disampaikannya dalam sambutan saat Upacara Dies Natalis ke-56 UPR, Senin (11/11/2019), di Palangka Raya. "Universitas palangka raya telah berhasil menyelenggarakan proses pendidikan yang telah mencetak sumber daya manusia dalam rangka membangun provinsi kalimantan tengah, bumi tambun bungai yang kita cintai," kata Gubernur Sugianto.

(Baca Juga : Say no to hate speech, Laporkan!)

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menyampaikan bahwa kehidupan modern di era global ini akan semakin kompleks, masyarakat akan semakin terbuka, tingkat kompetisi akan semakin tajam, tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi.

"Situasi seperti ini yang sedang kita hadapi. Di sisi lain tantangan bagi lulus perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 semakin meningkat," imbuhnya.

Lebih lanjut Gubernur menyebut setiap lulusan harus memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing secara global. Lulusan perguruan tinggi dituntut tidak hanya mampu bekerja di instansi pemerintah, perusahaan dan instansi lainnya.

"Namun juga memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang muncul dari revolusi industri 4.0," tuturnya.

Perguruan tinggi saat ini dihadapkan dengan tantangan untuk mempersiapkan dan melengkapi sumber daya manusia dengan kompetensi serta keterampilan yang tepat untuk menghadapi revolusi industri ke-4, agar terus mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan harus melekat dalam diri kita semua," tegas Gubernur Sugianto.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sektor lapangan kerja, dan tuntutan baru di bidang penguasaan kompetensi, harus dapat diantisipasi secara cermat. Peluang dan tantangan kerja di tingkat lokal, domestik dan internasional harus diidentifikasi dan dijadikan rujukan dalam memilih jenis dan program yang akan dilaksanakan.


"Hal tersebut menjadi sangat penting dalam mengembangkan program yang ada yang berbasis pada kompetensi dan kebutuhan pasar. Oleh karena itu profesionalisme menjadi syarat mutlak untuk dapat mengembangkan program dan kegiatan yang berkualitas," bebernya.

Menumbuhkan jiwa entrepreneur sangat penting untuk dipupuk di dalam jiwa seseorang. Terlebih jika jiwa entrepreneur itu ditanamkan sejak dini. Berdirinya suatu usaha itu bukan hal yang instan. Banyak kisah pengusaha sukses berawal dari dirintisnya usaha sejak kecil hingga bisa berkembang dengan pesat dan sukses.

"Kebanyakan kendala bagi seseorang terutama mahasiswa yang mencoba untuk memulai usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti takut mencoba, keterbatasan modal, inovasi, dan niat," tuturnya.

Keempat faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi jika seseorang memiliki pemikiran yang positif dan kreatif. Mahasiswa sebagai calon penerus bangsa harus menyikapi itu dengan baik untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada.

Kualitas pendidikan akan memberi dampak yang signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia dan daya saing bangsa dalam percaturan global.

"Oleh karena itu, untuk kepentingan masa depan bangsa, marilah kita wujudkan komitmen yang kuat untuk memberikan pendidikan yang terbaik pada masyarakat," tegasnya.

"Untuk menjawab tantangan tersebut saya mengajak kepada kita semua dan seluruh jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi sehingga mampu berkompetisi dengan tenaga kerja lain dengan merebut kesempatan, baik di dalam maupun di luar negeri," jelasnya.

Lembaga pendidikan tinggi harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional dan internasional, wawasan dan komitmen dalam mengupayakan mutu secara berkelanjutan perlu terus diperkuat.

"Saya sangat menaruh harap kepada lembaga pendidikan tinggi untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan tinggi di kalimantan tengah dengan melakukan inovasi tanpa henti, terobosan-terobosan ilmiah dalam pembangunan bangsa indonesia pada umumnya dan masyarakat wilayah kalimantan tengah dalam kerangka otonomi daerah pada khususnya," tuturnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Kalteng adalah program Bidik Misi Kalteng Berkah dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa S1, S2 dan Kedokteran.


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Gubernur Kalimantan Tengah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Palangka Raya tentunya di bawah pimpinan Rektor Bapak Dr. Andrie Elia, M.Si yang terus bekerja keras meningkatkan kualitas dan mutu Universitas Palangka Raya kebanggaan kita bersama dan merupakan satu-satunya Universitas Negeri yang ada di Kalimantan Tengah," ucap Gubernur Sugianto.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan Gubernur kepada UPR, karena alumni sekaligus Dosen UPR telah diangkat menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yakni Bapak Drs. Alue Dohong, M.Sc., PhD.

"Dari apa yang telah saya utarakan, kiranya dapat menjadi refleksi bagi seluruh civitas akademika Universitas Palangka Raya untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya yang berkaitan dengan profesionalisme di bidangnya," imbuhnya.

Gubernur berharap lembaga pendidikan tinggi untuk dapat terus berupaya menjaga nama baik dan konsisten dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pihaknya yakin dengan didukung seluruh civitas akademika, pemerintah dan pemerintah daerah serta masyarakat, akan mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan di dunia.

"Melalui kesempatan yang baik ini pula, dan sebagai rasa syukur kita atas anugerahNya, saya mengajak kepada kita semua untuk terus berbuat sesuatu yang bermakna bagi kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah khususnya dan kemajuan bangsa Indonesia pada umumnya di masa depan," pungkasnya. (ARP/Foto:xcv)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook