Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dengan Pagelaran Pusparagam Nusantara

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 19 Oktober 2019 06:08, Dibaca 1,642 kali.


MMCKalteng – Kapuas - Dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas menggelar acara Pagelaran Wawasan Kebangsaan Pusparagam Nusantara Indonesia tahun 2019 di Taman Budaya Kuala Kapuas, Jumat (18/10/2019) malam.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kapuas yang pada kesempatan itu diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, Kepala Perangkat Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga Kota Kuala Kapuas yang ikut menyaksikan pagelaran tersebut.

(Baca Juga : Wabup Buka Kegiatan Gelar Tari Kreasi Nusantara)


Bupati Kapuas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah yang juga sekaligus membuka acara tersebut, mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk sama-sama saling hormat menghormati dan harga menghargai dalam perbedaaan.

“Perbedaan bukan menjadi kendala untuk bersatu, pusparagam nusantara yang beragam corak warna sejatinya adalah sebuah keindahan yang harmonis untuk bersama membangun Negara Republik Indonesia,” ucap Bupati dalam sambutannya.


Lebih lanjut, Andres Nuah juga mengungkapkan bahwa pusparagam nusantara perlu dimaknai dalam Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana kita sebenarnya hanyalah satu, beragam masyarakat, beragam agama dan beragam suku budaya. Oleh karena itu ditambahkannya rakyat Indonesia mempunyai hak yang sama yang berbaur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol selaku Ketua Panitia Penyelenggara Hj Marlina dalam laporannya menyebutkan tujuan kegiatan pagelaran ini adalah untuk memberikan ruang hiburan pada masyarakat umum serta mempromosikan seni dan budaya daerah Kabupaten Kapuas dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah mendukung dan mensuport dalam terlaksananya kegiatan pagelaran ini. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya dalam mengembangkan kreativitas seni dan budaya khususnya bagi generasi muda.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas Darwandie juga menjelaskan untuk pagelaran ini melibatkan beberapa sanggar seni dan etnik baik yang ada di dalam maupun di luar Kabupaten Kapuas. Dirinya juga mengharapkan saran dan masukan sehingga untuk kegiatan seperti ini kedepannya akan semakin lebih baik dan berkembang lagi.

Dalam acara pagelaran tersebut menampilkan beragam kesenian tari dari berbagai wilayah diantaranya Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sumatra Barat dan masih banyak lagi. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook