Petani Jagung Kalampangan Keluhkan Ketersediaan Pupuk

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 15 Oktober 2019 00:13, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto menyebutkan, pada akhir bulan Oktober ini para petani jagung, khususnya petani di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau, akan memasuki masa tanam komoditas jagung.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Kembali Adakan Lelang Barang Milik Daerah)

Masa tanam ini kata dia, tidak lain sebagai persiapan  menyambut tahun baru 2020 mendatang, karenanya para petani tersebut akan melakukan penanaman bibit jagung secara besar-besaran.

Namun ada kendala, dimana para petani mengeluhkan kurangnya ketersediaan pupuk dan obat tanaman yang sudah semakin langka,” ungkap Heri, Senin (14/10/2019).

Lanjut Heri, sebagaimana kota lainnya di Indonesia, maka kegiatan bakar jagung bersama dengan keluarga dan kerabat pada saat menyambut pergantian tahun juga identik dilakukan oleh masyarakat Kota Palangka Raya.

Kurang dari tiga bulan lagi  akan segera memasuki tahun 2020, berarti tak lama lagi pasar-pasar dan ruas jalan akan dipenuhi penjual jagung. Nah, saat ini petani kita sedang mengejar target panen tersebut. Tapi mereka saat ini terkendala ketersediaan pupuk dan obat tanaman tadi,” ujarnya lagi.

Selama ini lanjutnya, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui dinas terkait selalu memberikan bantuan berupa pupuk, obat tanaman, bibit tanaman dan fasilitas pendukung pertanian lainnya melalui kelompok-kelompok tani.

Hanya saja saat ini dengan semakin sedikitnya persediaan pupuk petani, maka dikhawatirkan stok jagung pada tahun baru akan terpengaruh.

Semakin cepat pemerintah memberikan bantuan, maka akan semakin baik, sehingga produksi jagung lokal mampu memenuhi kebutuhan pasar di Palangka Raya,” bebernya.

Selebihnya Heri yang mengaku bermukim di Kelurahan Kalampangan ini mengharapkan, agar pemerintah bisa membantu petani, terutama dalam mencarikan solusi dari kendala yang tengah dihadapi para petani tersebut. (MC. Isen Mulang.1)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook