Mahasiswa UMP Orientasi Lapangan ke Gedung Smart Province

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 12 Oktober 2019 15:28, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) lakukan kegiatan orientasi lapangan ke Gedung Smart Province (GSP) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng, Jumat (11/10/2019).

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Teknik Camp Fakultas Teknik UMP sebagai pembelajaran dan melihat kemajuan pembangunan di Kalteng melalui berbagai data, teknologi dan informasi di GSP. Kepala Dinas Kominfo Ir. Herson B. Aden, M.Si turut hadir dan berdiskusi dengan mahasiswa di Gedung yang juga akan menjadi kantor baru Dinas Kominfo Provinsi Kalteng, Jl. Tjilik Riwut KM. 3.5, Palangka Raya.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Edy Pratowo hadiri Bedah Buku ALDERA bersama UPR)

"Peserta sekitar 50 orang dari mahasiswa jurusan ilmu komputer UMP, mereka antusias dan baru pertama kali berkunjung dan melihat GSP. Mereka melihat Comand Center, CCTV dan data center untuk belajar tentang teknologi yang digunakan, mereka juga belajar aplikasi e-government seperti satu data yang dapat mereka gunakan untuk pembelajaran atau penelitian, serta portal berita resmi pemprov kalteng di website mmc," jelas Herson.


Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menerapkan Smart Province yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima layanan di berbagai macam sektor yang berbeda.

"Kalteng sudah mulai menerapkan Smart Province melalui berbagai aplikasi layanan publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan," kata Herson.

Smart Province yakni suatu provinsi yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Herson menyebut, sejumlah aplikasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya terkait pendapatan daerah, serapan maupun belanja di setiap organisasi perangkat daerah dan beberapa kegiatan lainnya.

Bahkan yang menariknya, saat ini masyarakat dapat melihat informasi secara visual beberapa lokasi strategis di Kalteng melalui sarana dan prasarana yang tersedia di Gedung Smart Province Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Palangka Raya.

"Informasi visual ini bisa dilihat karena kami telah memasang televisi sirkuit tertutup atau yang biasa kita sebut CCTV di sejumlah titik di kabupaten/kota," jelasnya.

Selain itu masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa dapat mengakses data sektoral seputar Kalteng secara online dan mengunduhnya secara gratis. Tentu hal ini sangat membantu pelajar dan mahasiswa, terlebih saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah.

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook