101 Ahli Madya Keperawatan Pemkab Kapuas di Wisuda

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 08 Oktober 2019 14:31, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 101 Ahli Madya Keperawatan Angkatan XVI Tahun 2019, di Aula Kantor Bupati Kapuas, Selasa (08/10/2019) pagi.

Wisuda kali ini dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor, MM, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, SKM, MM dan Plt. Direktur Akper Pemkab Kapuas Santoso, M.Pd.

(Baca Juga : Ratas dengan Wagub Kalteng, Pj Bupati Kobar Sampaikan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah)


Untuk pengambilan sumpah para lulusan Akper Pemkab Kapuas dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Kalimantan Tengah H. Riduan, SKM. M.Kes. Kemudian prosesi pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Plt. Direktur Akper Pemkab Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas menyampaikan ucapan selamat kepada 101 Ahli Madya Keperawatan baru dan telah siap memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang tersebar hingga pelosok Kabupaten Kapuas.


"Saya yakin atas dedikasi yang tinggi dan sikap profesional direktur, seluruh dosen dan segenap civitas akademika Akper Pemkab Kapuas, para lulusan tidak hanya kompeten dan profesional dalam bidang keperawatan, tetapi juga akan mengabdi diri dengan selalu mengedepankan prinsip kerja cerdas, ikhlas, berkualitas dan tuntas," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kapuas terus berupaya mendapatkan kuota untuk merekrut Pegawai Negeri termasuk bidang kesehatan. Selama menunggu hal tersebut, ia yakin kompetensi yang dimiliki para lulusan akan mampu bersaing bahkan menciptakan peluang kerja berupa praktik mandiri dalam batas yang tidak menyimpang dari profesional seorang Ahli Madya Keperawatan.

Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dan segenap civitas akademika Akper Pemkab Kapuas ia berpesan agar senantiasa berinovasi walaupun dalam kondisi yang serba terbatas. "Terbatas sumber daya manusia sebagai penggerak maupun sumber pendanaan untuk operasional bukan menjadi penghambat tetapi merupakan pemicu semangat pengabdian terbaik kita semua kepada bangsa dan negara serta mendapatkan Ridha dari Allah Subhanahu Wata`ala," tuturnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Akper Pemkab Kapuas dalam laporannya menjelaskan wisuda kali ini diikuti sebanyak 101 orang terdiri dari laki-laki 25 orang dan perempuan 76 orang dengan mengacu pada kurikulum nasional D-III Keperawatan Tahun 2014, lama pendidikan 6 (enam) semester dengan beban studi sebanyak 108 SKS.

Santoso juga melaporkan bahwa sampai saat ini Akper Pemkab Kapuas telah meluluskan Tenaga Kesehatan sebanyak 1.191 orang, dan yang masih dalam proses pendidikan berjumlah 39 orang dengan Row Input Mahasiswa dari lulusan SMA atau SLTA/Sederajat. (Hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook