Prakiraan Cuaca Mingguan Wilayah Kalteng 23-29 September 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 23 September 2019 22:28, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya keluarkan prakiraan cuaca mingguan wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlaku mulai tanggal 23-29 September 2019.

A. Kondisi Umum : Kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada tanggal 23 September 2019 adalah sebagai berikut:

(Baca Juga : Diskominfo Prov. Kalteng Gelar Pelatihan Internet Marketing)

a) Tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1010 - 1014 hPa. Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Selatan - Barat Daya, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari arah Timur - Tenggara.

b) SOI : -16.2 (tidak signifikan < +7) —> Suplai uap air bergerak dari Pasifik Barat ke Pasifik Timur, aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wil. Indonesia Timur tidak signifikan.

c) Indeks ENSO di NINO3.4 : -0.15 (normal ±0.5) —> Tidak signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wilayah Indonesia.

d) DMI : +1.02 (normal ±0.4) —> Suplai uap air dr wil. S. Hindia ke wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan (aktivitas pembentukan awan di wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan)

e) MJO : Kuadran 1 (Western Hem. Dan Africa) —> Tidak berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di Indonesia.

f) Indeks Surge : +5.4 (normal < +10) —> Aliran massa udara dingin ke wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan.


g) Belokan angin dan konvergensi : Daerah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Kep. Riau, Kalbar, Kalteng, Papua Barat dan Papua.

h) SST anomali : +1.0 s.d. +3.0 C Ada potensi penguapan (penambahan massa uap air) di Slt. Malaka, L. Cina Selatan, L. Natuna, Tlk. Cenderawasih dan S. Pasifik Utara Papua.

i) Kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah umumnya berawan hingga hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 21-34 C. Kelembaban udara berkisar antara 55-95%. Angin umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar antara 5-20 km/jam.

B. Prakiraan Cuaca :

1. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Utara (Murung Raya, Barito Utara, Gunung Mas, Katingan bag. Utara, Seruyan bag.Utara, Kapuas bag. Utara)

23 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal, berpotensi hujan sedang

26 – 29 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

2. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Timur (Barito Timur, Barito Selatan, Kapuas bag. Tengah)

23 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal


26 – 29 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

3. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Selatan (Pulang Pisau bag. Selatan, Kapuas bag. Selatan, Katingan bag. Selatan, Kotawaringin Timur bag. Selatan, Seruyan bag. Selatan)

23 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

26 – 29 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

4. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Barat (Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat)

23 – 25 September 2019 : Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang

26 – 29 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

5. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Tengah (Palangka Raya, Katingan bag. Tengah, Pulang Pisau bag. Utara, Kotawaringin Timur bag. Utara)

23 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

26 – 29 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

Update: 19 September 2019, pukul 09.00

C. Prospek Tinggi Gelombang

Prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah Perairan selatan Kalimantan Tengah berpotensi sekitar 1.25 - 2.50 m yang masuk pada kategori Sedang (Moderate).

D. Peringatan Dini

a) Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah bagian pada tanggal 26-27 September 2019.

b) Waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah ditinjau dari parameter cuaca. Dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan upaya pembersihan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

c) Waspada potensi penurunan jarak pandang (visibility) akibat asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah.

d) Waspada potensi penurunan kualitas udara akibat peningkatan polusi udara karena asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan terutama wilayah kawasan gambut di wilayah Kalimantan Tengah. Dihimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar selalu menggunakan penutup wajah/masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, terutama untuk masyarakat kategori sensitif, seperti: balita / anak-anak, wanita hamil, orang tua usia lanjut, orang-orang yang memiliki riwayat gangguan pernapasan dan kardiovaskuler.

e) Waspada potensi gelombang tinggi berkisar antara 1.25 – 2.50 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah. Dihimbau bagi masyarakat pesisir agar lebih berhati-hati ketika sedang beraktivitas di laut. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook