Gubernur Kalteng Hadiri Pembukaan Orientasi Tugas Anggota DPRD Kabupaten/Kota Angkatan I di Wilayah Prov. Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 23 September 2019 11:15, Dibaca 341 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran hadiri pembukaan kegiatan orientasi tugas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota angkatan I di wilayah Provinsi Kalteng, bertempat di Ballroom M. Bahalap Hotel, Senin (23/9/2019).

"Kegiatan orientasi ini merupakan proses pengenalan tugas-tugas dan kewenangan anggota DPRD. Hal ini perlu dilakukan agar DPRD baik itu tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota yang merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah pada hakikatnya dapat semakin maksimal menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah," ucap Sugianto Sabran.

(Baca Juga : Realisasi APBN di Provinsi Kalteng Tahun 2019)

Turut hadir Ketua DPRD Prov. Kalteng, Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng Sri Widanarni, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkup Prov. Kalteng, Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta para tamu undangan lainnya.


"Maksud dari orientasi bagi anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2019 adalah dalam rangka sinergisitas dan harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah antara pemerintah daerah (Gubernur, Bupati/Walikota) dengan lembaga DPRD Kabupaten/Kota," ucap Kepala BPSDM Sri Widanarni.

Sedangkan tujuan dari orientasi ini adalah mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI, kemudian meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan, serta membangun komitmen dan kesepakatan semua pemangku kepentingan agar tercapai pembangunan yang optimal dan berkelanjutan di Prov. Kalteng.


"Peserta orientasi bagi pimpinan daerah dan anggota DPRD se-Kalteng angkatan I berjumlah 245 orang terdiri dari pimpinan DPRD dan anggota DPRD sebagai berikut : Kota Palangka Raya berjumlah 30 orang, Kabupaten Kapuas 40 orang, Murung Raya 25 orang, Katingan 25 orang, Barito Timur 25 orang, Kotawaringin Barat 30 orang, Lamandau 20 orang, dan Seruyan 25 orang," jelasnya. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook