Gubernur Kalteng Sampaikan 5 Hal Dalam Upaya Penanggulangan Karhutla Saat Pimpin Upacara Hari Jadi Kabupaten Barsel

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 22 September 2019 00:12, Dibaca 424 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran hadiri sekaligus berperan sebagai pembina upacara peringatan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Sabtu (21/9/2019) bertempat di Kantor Bupati Barsel.

"Kita ketahui bersama, situasi terakhir Kalimantan Tengah akibat kebakaran hutan, lahan dan pekarangan yang menyebabkan  kabut asap, berdampak terganggunya transportasi udara dan sekolah diliburkan dan peningkatan jumlah penderita ISPA di beberapa Kabupaten/Kota," kata Sugianto Sabran.

(Baca Juga : Pemprov. Kalteng Raih Juara 3 Tingkat Nasional di Bidang Transportasi Umum Pada Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19)

Terkait dengan hal tersebut Gubernur Kalteng menyampaikan 5 hal dalam upaya penanggulangan karhutla yaitu :

1. Sebagaimana amanat Undang-undang bahwa Penanggulangan bencana kebakaran merupakan urusan bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, untuk itu saya meminta kepada semua jajaran pemerintah, TNI, POLRI, Masyarakat dan Dunia Usaha, mari kita bersinergi dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan dan pekarangan.

2. Apabila Pemerintah Kabupaten Barito Selatan sudah menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan dan kondisi cuaca tetap ektrim, segera tetapkan Status Darurat Bencana agar mendapat kemudahan akses.


3. Optimalkan peran tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, relawan/organisasi relawan, organisaai masyarakat, organisaai non pemerintah dalam pencegahan dan pemadaman dini.

4. Intensifkan patroli, sosialisasi, penyadartahuan, dan berbagai langkah-langkah pencegahan, deteksi dini, pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan;

5. Segera bentuk satgasnya dan aktifkan posko, bentuk pos-pos lapangan pada desa rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Mari bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab dan senantiasa menjaga amanah yang telah diberikan masyarakat. Bekerja secara profesional dan penuh integritas, selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, untuk terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Barito Selatan," tegas Gubernur.


"Jadikan momentum hari jadi ini untuk membangun semangat baru dan selalu mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Barito Selatan," ujarnya.

Peringatan kali ini mengambil tema "60 Tahun Kabupaten Barito Selatan Berbenah Mewujudkan Masyarakat Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan. Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Barsel 21 September 1959-21 September 2019.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng H. Agustiar Sabran, S.IKom, Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST, Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, sejumlah Bupati di Kalteng, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Kalteng, unsur Forkopimda, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, serta para tamu undangan lainnya. (ARP/Foto:ARP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook