RSUD dan Puskesmas Siapkan Rumah Serta Ruang Oksigen

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 15 September 2019 23:55, Dibaca 1,369 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Kabut asap imbas dari sejumlah peristiwa  kabakaran hutan dan lahan (karhutla), tampaknya kian hari semakin parah.

(Baca Juga : Tingkatkan Kedisiplinan Masyarakat, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kobar Kembali Gelar Operasi Yustisi Penegakan Prokes)

Kondisi kabut asap inipun  sudah membawa dampak bagi kesehatan masyarakat. Baik bagi orangtua hingga usia anak-anak. Terutama  bahaya terpapar penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Upaya mengantisipasi dampak kabut asap terus dilakukan berbagai pihak. Termasuk kegiatan bakti sosial dengan cara berbagi masker, hingga  membuka rumah oksigen  atau ruang sehat.

Seperti halnya Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus Palangka Raya, dalam mengantisipasi warga yang rentan terhadap penyakit pernafasan, maka rumah sakit terbesar di Kalteng ini, jauh sebelumnya telah membuka rumah oksigen di ruang perawatan rumah sakit tersebut.

Berdasarkan relis dari Humas RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Minggu (15/9/2019) menyebutkan, kabut asap sangat berdampak bagi masyarakat. Khususnya pada saluran pernapasan, ataupun mengakibatkan inspeksi pada saluran pernapasan, serta sakit kepala karena kekurangan oksigen akibat partikel-partikel debu asap.

Disampaikan, salah satu cara untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan mengurangi masalah orang dengan gangguan  pernapasan, maka solusinya dengan pemberian oksigen.

RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya itu sendiri telah menyiapkan 5 bed yang buka dari jam 07.00 – 21.00 WIB. “Jika masyarakat (warga) membutuhkan oksigen silahkan datang ke Rumah Oksigen, tanpa dipungut biaya., “tulis infor resmi dari Humas RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya tersebut.

Sementara berdasarkan sumber resmi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, bahwa  sejumlah pusat layanan kesehatan di kota ini telah menyiapkan ruang oksigen untuk melayani kesehatan masyarakat setiap hari kerja, mulai pukul 07.00-14.00 WIB.

Ruang pelayanan itu bisa didapat pada setiap pelayanan Puskesmas yang ada disetiap titik kecamatan maupun kelurahan, termasuk di RSUD Kota Palangka Raya di Kalampangan. (MC. Isen Mulang.1)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook