Dewan Laporkan Hasil Reses Per Dapil

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 13 Februari 2018 10:00, Dibaca 662 kali.


MMCKalteng-Dalam upaya menyampaikan hasil aspirasi masyarakat, kalangan DPRD Provinsi Kalteng menyampaikan laporan hasil reses masing-masing dapil belum lama ini. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rapat paripurna ke 3 masa persidangan I tahun 2018 di institusi tersebut, Senin (12/2).

Kegiatan itu dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi R Atu Narang yang mempersilakan juru bicara masing-masing dapil, dalam menyampaikan laporannya.

(Baca Juga : Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula dan Perempuan)

Dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gumas dibacakan secara langsung oleh Ergan Tunjung.

Untuk Dapil II yang meliputi Kotim dan Seruyan disampaikan oleh Syahrudin Durasid. Lalu pada Dapil III yang meliputi Kobar, Lamandau, dan Sukamara dibacakan oleh H Jimin. Selain itu Dapil IV yang meliputi Barsel, Bartim, Barut, dan Mura juru bicaranya adalah Anderiansyah. Yang terakhir yaitu Dapil V yang meliputi Pulang Pisau dan Kapuas disampaikan oleh Lodewik C Iban.

Dari laporan yang ada, disebutkan beberapa aspirasi bahkan keinginan masyarakat di daerah seperti di Dapil I yang berharap agar adanya perbaikan jalan, jembatan, bahkan persoalan kekurangan tenaga medis.

Lalu di Dapil II ada keinginan masyarakat terkait pembenahan rumah ibadah, bantuan bibit, dan sebagainya. “Kami berharap agar laporan hasil reses ini, khususnya di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata dapat menjadi perhatian dari pihak eksekutif,” ujar Ergan di sela-sela rapat tersebut.

Aspirasi berupa laporan reses itu diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah melalui SOPD masing-masing. Tentunya di lingkup Pemprov atau bahkan dapat ditindaklanjuti di lingkup kabupaten/kota.

Sementara itu Wakil rakyat dari Dapil I DR P Lantas Sinaga berharap apa yang menjadi keinginan masyarakat mesti mendapat tindak lanjut. “Dari hasil reses/ kunjungan dalam daerah belum lama ini banyak saran serta keinginan masyarakat terkait infrastruktur, ekonomi, dan berbagai macam yang harus diperhatikan,” ujarnya.

Dirinya menegaskan rekomendasi reses wajib menjadi acuan dalam menentukan arah pembangunan. Jangan sampai kebijakan ataupun program dari pemerintah, menghambat aspirasi dari masyarakat untuk berbagai sektor.

Kemudian banyak hal yang ditemukan ketika pelaksanaan reses beberapa waktu lalu. Sebut saja soal rumah dinas kesehatan atau pendidikan yang diharapkan segera mendapat rehab.

Bahkan ada beberapa di antaranya, yang memerlukan penanganan dalam waktu cepat mengingat kondisinya yang sudah layak lagi. Selain itu ada juga aspirasi masyarakat terkait keinginan pembangunan sekolah di daerah.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook