Fungsi dari FKDM mendeteksi gangguan keamanan dalam Daerah sebelum terjadi konflik

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 26 Juli 2019 17:03, Dibaca 14,507 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Mas, menggelar rapat Koordinasi dalam rangka optimalisasi fungsi forum kewaspadaan dini (FKDM) yang diikuti 36 orang peserta dari FKDM Kecamatan dan tingkat Kabupaten bertempat di Aula GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Jumat (26/7/2019) pagi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Tasa Torang dalam sambutannya menyampaikan, fungsi forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) di Kabupaten Gunung Mas diharapkan Anggota FKDM agar melaporkan situasi dan kondisi daerah terkait ancaman serta mampu menjadi ujung tombak dalam pengumpulan informasi.

(Baca Juga : Kobar Raih Penghargaan Paritrana)

Kegiatan pertemuan rapat koordinasi dalam rangka optimalisasi fungsi forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) di Kabupaten Gunung Mas, agar anggota FKDM dapat membantu Pemerintah Daerah untuk menyaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi.

Diharapkan pula FKDM baik tingkat Kecamatan ataupun Kabupaten dapat terus membantu dalam memelihara keamanan dan ketertiban serta mampu mendeteksi gangguan keamanan dalam daerah sebelum terjadi konplik khusnya di dalam daerah anggota FKDM masing-masing.

“Di Pundak anggota FKDM sekalian, maka tugas kalian melapoorkan mengenai situasi dan kondisi Daerah terkait potensi ancaman dan gangguan dan keamanan ikut bertanggung jawab untuk dapat membantu aparat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di daerah wilayah Kabupaten Gunung Mas,” katanya.

Di akhir sambutannya, beliau menghimbau dan berpesan kepada anggota FKDM dan peserta kegiatan pertama ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena kita mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan Negara. Kedua peserta dan masyarakat mempunyai tugas yang sama untuk dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mendeteksi seacara dini keadaan daerah sebelum terjadi konplik.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kewaspadaan, Kesbangpol Kabupaten Gunung Mas sebagai ketua panitia, Priesmelyn, S.Sos dalam laporannya menyampaikan, diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka optimalisasi fungsi forum kewaspadaan dini masyarakat FKDM di Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019. Penyelenggaraan kegiantan ini dimaksudkan agar nantinya FKDM mampu memberikan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka untuk menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

“Membantu pencegahaan awal terhadap ancaman di daerahny, dan sebagai mata dan telinga serta membantu penyelenggaraan Pemerintah Daerah, dengan cara melaporkan keadaan situasi dan kondisi daerah terkait ancaman dan ganggunan keamanan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.  

Sebagai narasumber  Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Gunung Mas Drs. Tasa Torang, Kabid. Pengelolaan Konplik dan Kewaspadaan Kesbangpol Prov. Kalteng Jhoni Sonder, S.STP, M.Si Kasi Intelijen Hendry Elenmoris. T, S.H dan sebagai Moderator Drs. Anthoni L. Djaga.

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook