Pentingnya Keterbukaan Informasi dan Dampaknya Terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 18 Juli 2019 09:20, Dibaca 824 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Drs. H. Sapto Nugroho Handono Wareh, MM yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dan Festival Medial Pertunjukan Rakyat (Fetunra). Kegiatan ini dilangsungkan pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 18-19 Juli 2019, bertempat di Royal Room & Crown Room Aquarius Boutique Hotel.

"Mengingat pentingnya arti dari keterbukaan informasi dan dampaknya terhadap transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, maka saya meminta perhatian saudara sebagai berikut, diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara Rakor ini dengan sungguh-sungguh dan diharapkan setelah selesainya Rakor ini maka semua pejabat pengelola informasi dan dokumentasi pada setiap SKPD dapat mengimplementasikan apa yang menjadi kesepakatan dalam Rakor ini sebagai bentuk komitmen kita dalam pelaksanaan pelayanan keterbukaan informasi publik pada badan publik masing-masing," ucap Herson saat membacakan sambutan tertulis Plh. Sekda.

(Baca Juga : Gubernur H. Sugianto Sabran : Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2021)


"Diharapkan bagi perangkat daerah lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-kalimantan tengah agar segera mengaktifkan ppid dengan menyusun dan melengkapi daftar informasi publik beserta dokumen pendukungnya serta meng-uploadnya pada website ppid provinsi kalimantan tengah," jelasnya.

"Menganggarkan dalam APBD masing-masing kabupaten/kota untuk pengembangan dan penguatan ppid, penyelenggaraan festival media pertunjukan rakyat dan lomba kelompok informasi masyarakat," ujarnya.


Peserta dari Rakor PPID terdiri dari PPID utama Prov. Kalteng, PPID pembantu pada SKPD lingkup Pemprov. Kalteng didampingi dengan admin yang telah ditetapkan, dan PPID utama Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Untuk Fetunra peserta berasal dari perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan Lomba KIM peserta berasal dari perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se–Kalteng. Narasumber berasal dari Komisioner Komisi Informasi Pusat dan PPID utama Prov. Kalteng.

Kegiatan Fetunra dan Lomba KIM ini nantinya yang akan menjadi pemenang lomba utama, akan mewakili Prov. Kalteng dalam Fetunra dan lomba LCCK (termasuk dalam bagian KIM) tingkat nasional dengan biaya perjalanan pp dari Kota Palangka Raya ke kota tujuan ditanggung oleh Pemprov. Kalteng. (ARP/Foto:ARP)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook