Internet Ditangan, Mari Ciptakan, Hubungkan dan Bagikan Rasa Hormat

Kontribusi dari Misyuwe, 06 Februari 2018 08:30, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng- Internet ada ditangan kita saat ini, kemajuan jaman dan teknologi seolah mengharuskan kita untuk mengikuti kemajuannya, Hari Internet Aman Dunia yang jatuh pada hari ini 6 Februari mengingatkan kita untuk menciptakan, menghubungkan dan membagikan rasa hormat.

Safer Internet Day atau yang disingkat dengan SID, dikenal juga dengan Hari Internet Aman Dunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 6 Februari ini. Pada tahun 2018 SID mengangkat tema "Ciptakan, Hubungkan dan Bagikan Rasa Hormat: Sebuah internet yang lebih baik dimulai dengan Anda".

(Baca Juga : Forum Dialog dalam rangka Pemantauan Orang Asing/Lembaga Asing khususnya Peneliti Asing dan Jurnalis Asing Tahun 2017)

Jaman semakin maju dan alat canggih begitu pesat diciptakan, hingga sekarang internet berada digenggaman. Pengguna alat elektronik saat ini begitu sering menggunakan dan memanfaatkan Internet untuk keperluan dan kebutuhannya. Internet pun menjadi mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja selama masih ada jaringan koneksi yang dapat menghubungkan alat elektronik kita ke jaringan internet.

Kini dengan internet melalui layanan jejaring sosial, membuat kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja baik dinegara sendiri maupun sampai keluar negeri untuk melakukan komunikasi, dll, dengan lebih cepat, lebih praktis, dan lebih hemat. Dengan adanya internet pula kita bisa mengetahui kabar mereka kapanpun dan dimanapun.

Ketika kita sudah menggenggam ponsel dengan menggunakan  akses internet maka hal itu diibaratkan menggengam pengetahuan. Di internet terdapat ensiklopedia dengan jutaan informasi, ratusan cerita dan puisi, jutaan  video  menarik, milyaran gambar yang indah, belajar jauh lebih banyak dan lebih luas, peta digital dengan jangkauan seluruh dunia (dan bahkan kini kita bisa merasakan bagaimana rasanya kita berada di tempat tersebut), informasi wisata yang sangat lengkap, belajar berbagai bahasa, kamus yang tersedia dalam puluhan bahasa, dan masih banyak lagi.

Namun, semua itu bisa bermanfaat dengan baik bila kita memaksimalkannya. Tetapi gunakan juga untuk hal-hal yang positif. Jangan sampai kita menggunakan internet untuk membuat bom bagi diri sendiri dan masalah baru yang mengahancurkan, seperti untuk mengakses konten negatif, berbuat kejahatan cyber, menggunakan internet secara berlebihan dan terus menerus, mengunduh konten illegal yang dilarang, dll. Mari gunakan internet secara bijak dan bertanggungjawab dan aman, sehingga semua manfaat baik internet itu dapat kita rasakan. Selamat memperingati Hari Safer Internet Day, mari Ciptakan, Hubungkan dan Bagikan Rasa Hormat: Sebuah internet yang lebih baik dimulai dengan Anda. (Yuwe/ Berbagai Sumber/ Foto: Net)

Misyuwe

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook