Jaga Stok Ikan Lokal Di Sungai Sabangau

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 21 Juni 2019 13:41, Dibaca 908 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dinas Perikanan Kota Palangka Raya merupakan leading sektor pelepasliaran benih ikan demi pelestarian ikan lokal yang hidup di sungai sabangau.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Helmi mengatakan tujuan dari pelepasliaran benih ikan untuk meningkatkan produksi perikanan tangkapan dengan sasaran untuk meningkatkan taraf hidup nelayan kecil dan menjaga stok ikan keberadaan ikan lokal di alam yang lestari dan pemanfaatan yang berkelanjutan, ujarnya di Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sabangau, Rabu (19/6/2019).

(Baca Juga : Pj. Bupati Barsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang Tahun 2023)

Helmi katakan, ada 72 ribu benih ikan dari program pengembangan perikanan untuk di tabur di sungai sabangau, dengan 4 jenis ikan diantaranya 37 ribu ikan papuyu, 23 ribu ikan biawan, 10 ribu ikan kelabau, dan dua ribu ikan gabus.

Selain itu ada pemberian sarana prasarana berupa perahu motor 3 GT berjumlah 10 buah untuk para nelayan tangkap di wilayah perairan sungai sabangau dan kegiatan ini mendapat dukungan bantuan dari balai budidaya air tawar (BPBAT) Mandiangin Kalimantan Selatan berupa benih ikan, ucap Helmi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Palangka Raya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin Kalimantan Selatan, Kepala Stasiun Karantina Ikan Kelas I Tjilik Riwut Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Kepala Balai Taman Nasional Sabangau Wilayah I Palangka Raya, Kepala SOPD, Camat, Lurah, Mantir Adat dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Kereng Bangkirai. (MC Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook