Pemprov Kalteng Persiapkan Penerimaan CPNS dan PPPK

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 10 Juni 2019 17:01, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) tengah mempersiapkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P menyembut bahwa surat edaran terkait penerimaan CPNS dan PPPK baru saja diterima dari Pemerintah Pusat.

(Baca Juga : Hadiri Hasupa Hasundau, Gubernur Sugianto Sabran Minta Seluruh Masyarakat Kalteng Jaga Persatuan dan Kesatuan Guna Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024)

"Kami diminta merekap dan membuat formasi untuk diusulkan nantinya" ucap Sekda usai mengikuti Apel Apel Besar "Halal Bi Halal" di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (10/6/2019).

Terkait formasi penerimaan CPNS dan PPPK sesuai dengan Kepmen PANRB 12/2019 tentang kebutuhan Pegawai ASN secara Nasional T.A 2019, yang telah dirilis oleh BKN RI, rinciannya sebagai berikut : Untuk Pemerintah Pusat akan dibuka lowongan untuk CPNS sejumlah 23.213, dengan rincian, pelamar umum 17.519 dan sekolah kedinasan 5.694. Sedangkan untuk PPPK (yang diisi dari eks THK-II dan Honorer) sejumlah 23.212 lowongan.

Untuk Pemerintah Daerah akan dibuka lowongan untuk CPNS sejumlah 62.324, dengan rincian, pelamar umum 62.249 dan Sekolah Kedinasan (STTD) berjumlah 75. Sedangkan untuk PPPK (yang diisi dari eks THK-II dan Honorer) berjumlah 145.424.

Jumlah alokasi keseluruhan sebesar 254.173, dengan rincian, jumlah alokasi Pemerintah Pusat 46.425 dan alokasi Pemerintah Daerah 207.748.

Sekda menyampaikan bahwa untuk merekap dan mengusulkan formasi terkait penerimaan CPNS dan PPPK harus terlebih dahulu melihat jumlah PNS yang purna tugas pada tahun ini, dan banyaknya kuota yang diberikan untuk PPPK.

"Kami akan petakan semuanya, termasuk keperluan tenaga teknis lainnya. Sebab semuanya harus dijabarkan secara rinci, mulai dari total kebutuhan hinggal usulan yang akan diajukan", sambungnya.

Untuk lebih jelas dan tidak adanya kekeliruan informasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalteng Katma F. Dirun akan menggelar jumpa pers terkait penerimaan CPNS pada minggu ini. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook