Dinkes Gelar Apel Peringatan Hari Malaria Sedunia dan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 22 April 2019 07:03, Dibaca 762 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Dinkes Prov. Kalteng) gelar apel peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) yang jatuh pada tanggal 25 April 2019 dan Pekan Imunisasi Dunia pada tanggal 24-30 April 2019, bertempat di halaman kantor Dinkes Prov. Kalteng, Senin (22/4).

Kepala Dinkes Prov. Kalteng dr. Suyuti Syamsul., MPPM menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia adalah membebaskan masyarakat dari malaria karena malaria merupakan salah satu penyakit menular yang berdampak kepada penurunan kualitas sumber daya manusia, dapat menimbulkan berbagai masalah sosial dan ekonomi bahkan berpengaruh terhadap ketahanan nasional. Oleh karena penyebaran malaria tidak mengenal batas wilayah administrasi, maka membebaskan masyarakat dari malaria (eliminasi malaria) memerlukan komitmen global, regional dan nasional.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 40 Orang dan Konfirmasi Baru 49 Orang)

"Komitmen global dihasilkan pada sidang WHA ke-60 di Geneva tanggal 25 April 2007 dan komitmen regional dihasilkan pada pertemuan Asia Pacific Malaria Elimination Network (APMEN) tahun 2014. Komitmen nasional tentang eliminasi malaria ditetapkan dengan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 293/Menkes/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 tentang eliminasi Malaria di Indonesia", ucap dr. Suyuti saat membacakan sambutannya.


Plt. Direktur RSJ Kalawa Atei ini mengatakan bahwa di Kalimantan Tengah sampai dengan tahun 2018, sebanyak 9 Kabupaten/Kota sudah mendapat sertifikat eliminasi malaria dari pemerintah (Kementerian Kesehatan).

"Sertifikat eliminasi malaria diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati/Walikota. Pada tahun 2019 telah di usulkan 2 Kabupaten (Pulang Pisau dan Katingan) untuk dilakukan penilaian eliminasi malaria. Masih ada 3 Kabupaten lagi yang akan di usulkan untuk eliminasi malaria pada tahun berikutnya (Kapuas, Gunung Mas dan Murung Raya)", ujar dr. Suyuti saat pimpin Apel peringatan HMS dan Pekan Imunisasi Dunia.


Peringatan HMS tahun ini mengambil tema global "Zero Malaria Starts With Me", dan tema nasional "Bebas Malaria, Prestasi Bangsa". (ARP/Foto:ASEP)

 

 

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook