Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 08 April 2019 18:54, Dibaca 2,049 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut dan menekan tombol sirine didampingi Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai tanda peresmian Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut, Senin (8/4/2019).

Jokowi menyampaikan, pemerintah selama 4,5 tahun terakhir telah menggelontorkan dana lebih dari Rp 700 miliar untuk mengembangkan bandara Tjilik Riwut. "Baik untuk pembangunan terminalnya, taxi way, maupun untuk perpanjangan runway," ucapnya.

(Baca Juga : Peringati Hapsak Pancasila, Forum Ormas, Pemuda, Mahasiswa dan Pelajar se-Kalteng Gelar Pawai dan Ikrar Kebangsaan)


Menurut Jokowi, luas Bandara Tjilik Riwut kali ini enam kali lipat lebih luas dari sebelumnya. "Dari yang kurang lebih 5 ribu meter persegi sekarang ini totalnya 29 ribu meter persegi," tuturnya.

Jokowi pun berharap kehadiran Bandara Tjilik Riwut ini bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah. "Itu terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi dan juga pertumbuhan kargo yang juga sangat tinggi" tuturnya.


Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pemerintah menyiapkan bandara ini dengan target bisa menampung hingga 4,5 juta orang. Adapun jumlah penumpang saat ini masih 1 juta orang per tahun dan ditargetkan dalam dia tahun ke depan meningkat menjadi 3 juta orang. "Ini mempersiapkan pertumbuhan yang terjadi di Palangka Raya karena perkembangan akan maju," ujarnya. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook