Ribuan Guru Ikuti Seminar Pendidikan

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 04 April 2019 14:37, Dibaca 1,039 kali.



KUALA KAPUAS - Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas menggelar seminar pendidikan yang diikuti ribuan guru yang ada di Kabupaten Kapuas, Kamis (4/4/2019) pagi di Lapangan Futsal 88 Kuala Kapuas. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Bunda PAUD Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat yang sekaligus menyerahkan secara simbolis SK Guru Kontrak kepada perwakilan 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : BPBD Kobar Berikan Pendidikan Kebencanaan Sejak Dini Kepada Siswa SDIT Cendekia)

Dalam sambutannya Bupati Kapuas menyampaikan rasa bangga kepada semua guru-guru, begitu juga dengan guru-guru kontrak yang ia nilai rajin-rajin dalam menjalankan tugas dengan tulus ikhlas. “Saya merasa bangga kepada semua guru-guru yang telah rajin menjalankan tugas dengan tulus ikhlas, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan ingat seorang guru akan diberkahi oleh Allah karena yang terpenting adalah ketulusan,” ucap Ben.


Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu juga menyampaikan bahwa untuk lulusan-lulusan terbaik disetiap kecamatan akan dapat mengambil kuliah S1 secara gratis. Kepedulian terhadap guru-guru kontrak serta tenaga kesehatan kontrak juga ditunjukannya pada kesempatan itu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Ilham Anwar melaporkan bahwa kegiatan seminar pendidikan yang dilaksanakan pada kesempatan itu diikuti kurang lebih 3.696 guru dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan terutama di Kabupaten Kapuas agar menjadi guru yang tangguh, cerdas dan berkarakter.

Kegiatan seminar sendiri diisi langsung oleh seorang Women Inspiration yang juga Bunda PAUD Kabupaten Kapuas Ary Egahni, yang menerangkan mengenai bagaimana menjadi guru yang bermutu dan berkarakter serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi guru yang bermutu dan berkarakter seperti diantaranya harus CERDAS yaitu Consistency, Efektif, Realistis, Data, Attainable dan Strategi.

Selain itu, hal-hal yang ia terangkan antara lain adalah bagaimana memberi diri menjadi contoh dan teladan, mengoptimalkan potensi diri serta pengasah komunikasi interpersonal yang baik juga meningkatkan empati terhadap perasaan orang lain dan mengejar cita-cita mulia dengan fokus untuk terus belajar dan taat pada etika profesi serta mengasah keterampilan interaksi sosial. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook