Bupati Resmikan Program Sarana Air Minum di Basarang

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 04 April 2019 09:46, Dibaca 1,762 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM. MT didampingi istri Ary Egahni, SH meresmikan Pelaksanaan Uji Fungsi dan Serah Terima Program Sarana Air Minum (SPAM) yang merupakan kegiatan Program PAMSIMAS III (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Kabupaten Kapuas, bertempat di Halaman Kantor Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang, Rabu (03/4/2019) sore. Bersamaan dengan kegiatan tersebut terdapat dua desa lain yaitu Desa Naning dan Desa Maju Bersama yang menerima SPAM dan Hibah Khusus PAMSIMAS (HKP) tahun anggaran 2018.

Program PAMSIMAS III di Desa Bungai Jaya menelan biaya 350 juta yang digunakan untuk operasional, pembangunan infrastruktur, jaringan pipa saluran rumah tangga, dan pembangunan sanitasi cuci tangan di sekolah. Hal tersebut disampaikan dalam pembacaan laporan oleh perwakilan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Bungai Jaya yakni Taufik Rahman.

(Baca Juga : Perlu Terobosan Dalam Pengelolaan Sampah)


Kepala Desa Bungai Jaya Kadiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa program PAMSIMAS III Kabupaten Kapuas sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan masyarakat  di desanya. Dia melihat adanya SPAM dapat dimanfaatkan menjadi salah satu usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). "Kami menargetkan di tahun ini SPAM Desa Bungai Jaya dapat mengalirkan air kran siap minum di semua saluran rumah tangga," katanya. Dalam kesempatan yang sama, ia menyampaikan laporan kepada Bupati Kapuas bahwa pada tahun 2018 BUMDES Bungai Jaya meraup keuntungan ratusan juta rupiah dan telah memiliki total jumlah karyawan sebanyak 25 orang.


Sebelum melaksanakan prosesi peresmian, Bupati Kapuas dalam sambutannya menyatakan bahwa dirinya merasa bangga dengan BUMDES Bungai Jaya dan apresiasinya kepada Kepala Desa Bungai Jaya yang kreatif dan inovatif dalam menggiatkan pembangunan di desanya. "Saya berharap kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kapuas untuk menjadikan prestasi yang telah diraih Desa Bungai Jaya sebagai pemacu semangat untuk menggali potensi usaha di desanya masing-masing," tukasnya. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook