Lilis Lamiang Batu-Batuan Asli Kalteng

Kontribusi dari Iin Carolina, 23 Maret 2019 12:44, Dibaca 39 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Berbagai macam batu-batuan asli Kalimantan Tengah merupakan warisan leluhur suku Dayak, ada Red Borneo, Green Borneo, Zambrud, Kecubung dan sebagainya.

Namun seolah jarang disebutkan Lilis Lamiang merupakan manik-manik kuno Dayak yang terbuat dari batu. Manik-manik yang cenderung penggunaannya diikatkan (sebagai kalung) dan sampai saat ini masih terus diproduksi oleh para pengrajin batu.

(Baca Juga : Gelar Karya Kalteng Ajang Promosi IKM)

Lilis Lamiang biasanya dijadikan mahar yang diserahkan pada saat pemenuhan hukum adat Dayak dalam pernikahan, disebut Lilis Lamiang turus pelek juga dipakai oleh Basir Balian pada Upacara Tiwah yang diikat pada pergelangan tangan.

Seperti disampaikan Iin Carolina, Kasi Kemitraan Dinas Kominfo Kota Palangka Raya, usai pendataan dan sosialisasi di rumah Ibu Holly Sindhi pengrajin Lilis Lamiang, Jumat (22/3/2019) bahwa sebagai masyarakat Kalimantan Tengah sepatutnyalah kita melestarikan warisan leluhur kita.

Selain mengangkat produk kearifan lokal khas Kalimantan Tengah, kita perlu mempromosikan produk manik-manik batu-batuan ini ke kanca nasional bahkan sampai internasional melalui media milik pemerintah ataupun media sosial, ungkapnya.

Desain pun harus kekinian mengikuti perkembangan jaman, ‘Kalau bukan kita, siapa lagi yang melestarikan peninggalan leluhur kita orang dayak’, tutupnya (MC Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook