Pemprov Kalteng Gelar Tiwah Pada Bulan November-Desember 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 Maret 2019 17:52, Dibaca 654 kali.


MMCKalteng - Jakarta - (19/3)Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng menyelenggarakan Tiwah di Kalteng dalam rangka menuju Kalteng "BERKAH" dalam mendukung visi dan misi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Habib H. Said Ismail.

Tiwah merupakan prosesi keagamaan dalam Umat Hindu Kaharingan di Kalteng yang mana dalam prosesi ini merupakan acara ritual yang diyakini sebagai suatu proses dikembalikannya roh orang yang sudah meninggal kepada sang Pencipta (Ranying Hatalla Langit) atau ke alam Suci Abadi yang disebut "Lewu Tatu Dia Rumpang Tulang Rundung Isen Dia Kamalesu Uhat".

(Baca Juga : Gubernur Ajak Seluruh Komponen Wujudkan Percepatan Pembangunan di Kota Palangka Raya)

Kegiatan ini baru dilaksanakan oleh Pemprov. Kalteng melalui Disbudpar Kalteng bekerjasama dengan Majelis Hindu Kaharingan Prov. Kalteng yang diselenggarakan pada bulan November dan Desember 2019 di Palangka Raya, Kalteng.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari, diawali dengan Upacara "Manenung" yang merupakan Ritual kearifan lokal dalam prosesi ini dilakukan untuk menentukan jatuhnya hari penyelenggaraan Tiwah dan prosesi ini juga dapat dilakukan untuk melihat pertanda suatu peristiwa dan lain sesuai hajat diinginkan dan peserta Tiwah ini dikhususkan untuk Umat Hindu Kaharingan Prov. Kalteng.

Dalam kegiatan Tiwah Tahun 2019 akan digelar berbagai kegiatan-kegiatan sebagai berikut: (1) Manenung pada November 2019, (2) Prosesi Tiwah pada November-Desember 2019.

Kegiatan diisi dengan, pendaftaran peserta Tiwah, membersihkan lokasi Tiwah, mengumpulkan bahan/saran Tiwah, membangun Balai Nyahu, mendirikan Sangkai Raya, meminjam Basir, Ritual oleh Basir, Mamugar Tulang, pemotongan hewan kurban, Nyakean (memasukan tulang kedalam sandung), Kangkahem (mandi-mandi di sungai), Pabuli Sangiang (ritual untuk para arwah), Balian Balaku untung (ritual untuk anggota keluarga yang masih hidup) supaya mendapat rezeki, panjang umur, sehat, Batandak (doa ucapan syukur melaksanakan Tiwah), Pabuli Sangiang (mengembalikan roh suci oleh Basir ke Lewu Sangiang (alam tempat tinggalnya), mengantar para Basir ke rumahnya masing-masing.

Harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan peradaban yang hidup dan berkembang di masyarakat Dayak Kalimantan Tengah ditengah kehidupan yang majemuk dalam menjaga dan merawat kebersamaan dalam keragaman Agama dan Budaya di Kalteng, disamping itu juga ingin memperkenalkan peradaban yang ada di Kalteng kepada masyarakat, lebih-lebih kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara dapat mengunjungi dan melihat langsung berbagai macam keragaman dan keunikannya.

Disamping itu adalah untuk meningkatkan kunjungan ke Prov. Kalteng sebagai kegiatan pendukung untuk mencapai target kunjungan wisatawan baik skala Provinsi Tahun 2019 adalah 553 ribu Wisatawan maupun skala Nasional sampai dengan Tahun 2019 yaitu 20 juta Wisatawan Mancanegara dan 275 juta pergerakan Wisatawan Nusantara.

Target kunjungan pada kegiatan Tiwah Tahun 2019 untuk wisatawan Mancanegara adalah berjumlah 500 orang dan Wisatawan Nusantara 10.000 orang yang akan datang dalam acara perhelatan Ritual Tiwah ini di Kalteng.

Kedepan event budaya dan pariwisata Kalteng akan terus bertambah untuk mencapai target kunjungan wisata, disamping itu juga menjadikan setiap event baik budaya dan pariwisata menjadi nilai tambah bagi pertumbuhan perekonomian di Kalteng untuk menuju Kalteng "BERKAH" serta diminati oleh Wisatawan Mancanegara dan Nusantara.

Press Conference Calender of Event Kalimantan Tengah dilaksanakan di lobby lantai 2, gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, Deputi Bidang pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani, Wakil bupati Lamandau, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Ir. Herson B.Aden., M.Si, Kepala OPD terkait, rekan media dan tamu undangan. (PRESS RELEASE TIWAH TAHUN 2019/Foto:YDS)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook