Pramuka Wujudkan Kapuas Lewun Itah Badengkoy

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 18 Maret 2019 10:39, Dibaca 950 kali.


Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan relevan sebagai wadah penanaman nilai karakter. Nilai karakter yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak dan pemuda Indonesia dengan  prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaanya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi manusia Indonesia yang baik dan anggota masyarakat yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

Gerakan  Pramuka  memiliki  tugas  pokok  menyelenggarakan   pendidikan kepramukaan  bagi  anak dan pemuda untuk  menumbuhkan  tunas  ban gsa  supaya menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi  kemerdekaan,  serta   membangun  dunia  yang  lebih   baik. Berkaitan dengan pramuka dengan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti kaum muda yang suka berkarya. Perwujudan dalam tari dan lagu Kapuas Lewun Itah Badengkoy oleh 5.000 Anggota dan Pembina Pramuka se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas dalam memperingati Hari Jadi Ke-213 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas 21 Maret 2019.

(Baca Juga : Pembelajaran Bahasa dalam Revolusi Industri 4.0)

Kapuas Lewun Itah Badengkoy dalam bahasa Dayak Ngaju jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yakni Kapuas adalah nama sebuah kabupaten yang tertua di Kalimantan Tengah dan beribukota Kuala Kapuas. Lewun itah adalah tanah tempat tinggal kita, sedangkan badengkoy merupakan tarian yang diiringi musik dapat dilakukan oleh siapa saja sebagai wujud rasa gembira. Tarian ini terdiri atas dua bagian: Pertama, Kapuas Lewun Itah tari garapan baru menggambarkan semangat kerja dalam suka cita dan diiringi musik irama dangdut Jaran Goyang serta syair berbahasa Dayak Ngaju. Kedua, Badengkoy adalah tari yang menggambarkan suasana gembira khas daerah suku Dayak Ngaju diiringi musik yang melambangkan bunyi suara alam Kalimantan dengan syair bahasa Dayak Ngaju Kalimantan Tengah.

Gerakan Pramuka adalah suatu perkumpulan yang berstatus non-governmental (bukan badan pemerintah) yang berbentuk kesatuan. Gerakan pramuka diselenggarakan menurut jalan aturan demokrasi, dengan pengurus (Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting) yang dipilih dalam musyawarah. Di Indonesia penggunaan istilah pramuka baru resmi digunakan pada tahun 1961. Gerakan pramuka adalah suatu gerakan pendidikan untuk kaum muda, yang bersifat sukarela, nonpolitik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, yang menyelenggarakan kepramukaan melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka. Tujuan kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada satuan pendidikan adalah untuk: 1) meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik, 2) mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.

Kegiatan kepramukaan dapat terselenggara secara lebih berkualitas, menarik minat dan menjadi pilihan peserta didik, dan mewujudkan peserta didik yang berkarakter kuat untuk menjadi calon pemimpin bangsa dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah melalui intervensi, pemberian keteladanan, habituasi atau pembiasaan, mentoring atau pendampingan, penguatan, dan keterlibatan berbagai pihak. Salah satu ekstrakurikuler pada satuan pendidikan ini memiliki fungsi pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir. Fungsi pengembangan untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan. Fungsi sosial untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. Fungsi rekreatif dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Fungsi persiapan karir untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas. Fungsi ini sangat mendukung kegiatan pemecahan rekor museum rekor dunia Indonesia melalui Kapuas Lewun Itah Badengkoy.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook