Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-36, Pemprov Kalteng Gelar Apel

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 Maret 2019 09:01, Dibaca 468 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Dishut Kalteng) gelar Upacara Hari Bakti Rimbawan ke-36 Tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Dishut Kalteng, Selasa (19/3).

Turut hadir Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (PLH Sekda) Kalteng Drs. H. Sapto Nugroho Handono Wareh., MM selaku inspektur upacara, Kepala Dishut Kalteng Ir. H. Sri Suwanto., MS, OPD terkait serta para tamu undangan.

(Baca Juga : 46 Tahun Korpri Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa)

H. Sapto Nugroho menyampaikan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Apel Hari Bhakti Rimbawan ke-36 yang diperingati setiap tanggal 16 Maret sejak Tahun 1983, peringatan tahun ini mengambil tema "Hutan untuk kesejahteraan rakyat dan lingkungan sehat", sejalan dengan semangat dan misi keberadaan serta jati diri Rimbawan dalam perjuangan pembangunan kehutanan dan lingkungan.

Pada April 2018, Presiden menegaskan untuk dilakukan reklamasi dan rehabilitasi hutan secara besar-besaran mulai Tahun 2019. Harus dilakukan gerakan penanaman secara nasional di seluruh Indonesia. Rehabilitasi dan penanaman pohon diorientasikan untuk penyelamatan danau, penyelamatan dam/waduk, pemukiman, serta menjaga keindahan alam sekaligus untuk perluasan kesempatan kerja, serta penyediaan kayu rakyat dan berbagai manfaat ekonomi lainnya bagi tabungan masyarakat di masa depan.

Reklamasi dan rehabilitasi lahan dilakukan pada 15 Daerah Aliran Sungai (DAS), 15 danau dan wilayah bagian hulu dam pada sebanyak 65 lokasi. Terdapat tiga pola penanaman dalam gerakan tanam nasional sebagai langkah korektif atas gerakan-gerakan sebelumnya, sebagai berikut: penanaman oleh negara/pemerintah dilakukan melalui: (1) Rehabilitasi hutan dan lahan (didalam dan di luar kawasan), (2) Restorasi ekosistem gambut, (3) Pemulihan wilayah akibat bencana longsor dan banjir (resettlement) dan (4) Pemulihan Karhutla (rehabilitasi tegakan). (ARP/Foto:ASEP)

 

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook