PLN BLITS Explore Indonesia Tiba di Palangka Raya

Kontribusi dari Iin Carolina, 19 Februari 2019 08:57, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng – Tim PLN BLITS Explore Indoensia, sudah tiba di “Kota Cantik” Palangka Raya. Kedatangan Tim ini terdiri dari satu unit mobil yang dinamakan BLITS. BLITS tersebut adalah jenis mobil listrik hasil karya kolaborasi dari dua universitas di Indonesia. Yakni Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi 10 November Surabaya ( ITS ).

Kedatangan mobil hasil pengembangan mobil listrik ini tidak sendiri namun di dampingi dua unit kendaraan roda dua dengan tipe berbeda yang kemudian membawa misi PLN BLITS Explore Indonesia.

(Baca Juga : Dinas TPHP Kab. Kobar Raih Reward Kartu Tani BRI Klaster 6 Tahun 2022)

Setelah menyelesaikan etape di pulau Jawa dan Sumatera, tim ini mulai menjelajah di wilayah Kalimantan dan telah menyelesaikan etapenya di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat. Kini tim ini sudah tiba di PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya setelah terlebih dahulu tiba di PLN ULP Sampit.

Di Palangka Raya, kedatangan tim PLN BLITS Explore Indonesia disambut pihak PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya bersama dengan perwakilan Pemerintah Kota Palangka Raya, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu.

“Pemerintah Kota Palangka Raya mendukung penuh pengembangan mobil listrik yang membawa manfaat lebih besar dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Kami mengapresiasi akan hal ini,” ungkap Murni D Djinu, sesaat pada acara penyambutan sekaligus acara pemberangkatan tim PLN BLITS Explore Indonesia, Senin (18/2/2019), dihalaman kantor PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya.

Kata Murni, kegiatan PLN BLITS Explore Indonesia ini adalah kegiatan tour keliling Indonesia dengan jarak tempuh 20.000 km. Yang menjadi special kegiatan ini adalah kendaraaan yang digunakan menggunakan energi terbaru hasil karya anak bangsa.

Tour ini juga bertujuan untuk menguji kemampuan dan ketahanan mobil yang diharapkan mampu diandalkan pada masa mendatang, karena mobil listrik tersebut jauh lebih murah, hemat, aman dan ramah lingkungan. “Diharapkan masyarakat juga menjadi lebih sadar akan keterbatasan minyak yang merupakan sumber energi tidak terbarukan. Kita mendukung penuh pengembangan mobil listrik ini,”ucap Murni.

Ketua Tim PLN BLITS Explore Indonesia, Agus Muhlisin mengatakan, sejak perjalanan dimulai November 2018 hingga tiba di Sampit dan Palangka Raya, mobil listrik yang diberi nama BLITS dan Kasuari telah menempuh perjalanan sejauh 5.900 km. Timnya kata dia berharap bisa menuntaskan perjalanan sejauh 15.000 km sampai Mei 2019.

“Tour ini untuk mencoba kemampuan komponen utama kendaraan yang dirancang, baik dari segi keamanan, performa dan lainnya. Ini penting bila nantinya mobil ini dijadikan industri massal,” sebutnya.

Sementara itu, Manajer PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya, Faisal Muslim mengatakan, jika nantinya mobil listrik ini diproduksi secara industrial dan massal, tentu PLN akan mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas penunjang “Sebut saja seperti kebutuhan,” charging” atau pengisian daya kepada baterai bertenaga 30 kWh, dan sekali diisi ulang mampu menempuh jarak sekitar 150 km. Nah ini semua tentu telah kami kaji,” bebernya.

Tim PLN BLITS Explore Indonesia ini pun dijadwalkan akan meneruskan tournya dengan mengambil etape ke Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. (MC. Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook