Syarat Administrasi dan Lahan DOB Harus Clear

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 04 Februari 2019 06:55, Dibaca 36 kali.


MMCKalteng - Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan, agar persaratan administrasi dan lahan untuk rencana daerah otonomi baru (DOB) di daerah ini harus clear. Hal itu penting, jika ada lampu merah dari pemerintah pusat terkait persetujuan DOB, tidak akan menimbulkan masalah lagi.

Untuk diketahui, sudah ada dua DOB di Kalteng yang telah mendapat persetujuan DPRD dan Pemprov Kalteng, di antaranya Kotawaringin Utara (Kotara) dan Kapuas Ngaju. Sementara yang sedang berproses adalah Rungan-Manuhing.

(Baca Juga : Komisi B Akan Panggil PT AKT)

Anggota DPRD Kalteng Hj Nataliasi mengatakan, sudah ada tiga usulan DOB yang telah diajukan di Pemprov Kalteng, dua diantaranya telah mendapat persetujuan dan saat ini sedang berproses di pemerintah pusat.

“Usulan DOB dari tiga yang sudah masuk ke kita memang harusnya ada seperti stimulan, untuk persiapan yang diadakan selama ini seperti persiapan lahan untuk tiga daerah yang sudah masuk dewan, dan juga akan segera mendapat tindaklanjut dari DPRD Kalteng,” kata Hj Nataliasi, di gedung dewan, pekan kemarin.

Untuk mendukung persiapan ketiga DOB tersebut, lanjutnya, harus ada stimulan dari pemerintah kabupaten maupun provinsi, terutama masalah persyaratannya, seperti tata batas yang belum diselesaikan.

“Untuk daerah Pujon, Kapuas Ngaju, itu yang masih belum clear tata batasnya. Kita minta ini segera di clear kan,” tambah Anggota Komisi A, yang membidangi pemerintah, hukum dan keuangan ini.

Meski demikian, berbagai persiapan itu bisa dilaksanakan setelah beberapa tahapan dan respon dari pemerintah pusat, kalau saat ini dibuat persiapan, takutnya nanti bisa mubazir.

“Bila sudah ada lahan bisa disiapkan dari tiga DOB ini, saya kira untuk yang  lainnya menyusul, yang penting persyaratan administrasi sudah beres, kemudian lahannya sudah tersedia. Itu untuk tahap pertama, saya rasa sudah cukup,” pungkas Hj Nataliasi.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook