Suksesi Pemilu 2019 Memerlukan Sinergitas

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 15 Januari 2019 08:19, Dibaca 1,012 kali.


MMCKalteng - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Januminro mengatakan, untuk mensukseskan pelaksanaan pileg dan pilpres pada 17 April mendatang di Kota Palangka Raya, memerlukan sinergitas terutama pengawasan terhadap daerah-daerah rawan konflik menjelang pemilu.

"Kami sudah melakukan pemetaan rivalitas daerah rawan konflik untuk menhadapi pileg dan pilpres April maendatang. Rivalitas ini dilakukan sampai ke tingkat bawah," ujarnya, Senin (14/1/2019). Menurut Januminro, tingkat kerawanan wilayah konflik pemilu di Kota Palangka Raya secara umum dapat dikatakan sangat relatif. Dimana semuanya bisa saja berpotensi terjadinya tingkat kerawanan yang cukup tinggi.

(Baca Juga : Keberadaan Pengadilan Negeri Pulang Pisau Diharapkan Menguatkan Proses Penegakan Hukum)

"Maka dari itu perlu adanya kerjasama semua pihak. Terutama Badan Pengawas Pemilu ( Banwaslu) dan pihak kepolisian untuk betul-betul mengawasi hal-hal," ingatnya. Pihaknyapun lanjut Januminro, akan gencar mensosialisasikan mengenai rivalitas untuk pileg dan pilpres ini. Sehingga ketika ada persaingan hasil pemilu tidak sampai menimbulkan konflik.

"Kita mengajak semua elemen untuk mensukseskan pemilu secara aman dan lancar sesuai keinginan bersama," tegasnya. Sebelumnya Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah berharap agar pemilu 2019 yang digelar 17 April mendatang, tidak ada intervensi dan intimidasi dari pihak tertentu.

"Diperlukan sinergitas banyak pihak dalam mensukseskannya, sehingga dihasilkan pemilu yang berkualitas dan menjadi tolok ukur baiknya penyelenggaraan pesta demokrasi," harapnya.

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook