Rakor Update Bank Data Kalteng

Kontribusi dari Administrator, 28 November 2017 16:21, Dibaca 500 kali.


MMC Kalteng - Bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Kominfo memimpin Rapat Keberlanjutan Satu Data Kalteng pada Selasa 28/11. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah dan perwakilan dari Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah.

Rapat diawali dengan penjelasan dari Kadis Komifo Ir. Herson B. Aden, M.Si mengenai data statistik sektoral dan bagaimana mengidentifikasi SKPD dalam penyediaan data statistik sektoral dengan harapan agar kedepannya dapat mengefektifkan Bank Data agar bisa berjalan Optimal. "Pemantapan Bank Data tidak terlepas dari komitmen dari SKPD dalam penginputan data. sebelum data di ekspose oleh SKPD Kab/Kota diharapkan data tersebut sudah valid dan sudah diklarifikasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS)", katanya.

(Baca Juga : Serah Terma Jabatan Eselon III dan IV di Lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah)

Perwakilan Bappedalitbang Prov. Kalteng Ir. Yunana, MT mendukung keberlanjutan aplikasi bank data ini karena bersifat publikasi yang dapat diliat oleh semua orang. hanya saja sampai saat ini SKPD sebagai penginput data, dan BPS sebagai validasi data masih belum berjalan secara optimal. kedepannya kita juga nantinya akan mempunyai aplikasi analisis data, sehingga nantinya datanya ada di satu data kalteng dan analisis datanya ada di pusdalitbang.

Sementara itu Perwakilan dari BPS Prov. Kalteng Kabid data Ir. Maria  mengatakan bahwa nantinya akan mengidentifikasi data-data SKPD terkait pembinaan mengenai pengelolaan data yang benar, dan diharapkan kedepannya tupoksi atau peran dari Kominfo, Bappedalitbang maupun BPS Provinsi Kalteng sudah jelas sehingga dapat melakukan koordinasi dengan baik, karena sampai saat ini masih banyak statistik yang belum berada di bawah kominfo. katanya.

Kadis Kominfo mengharapkan agar kita bisa lebih banyak berkoordinasi terkait penyediaan data, karena tugas kominfo adalah mengumpulkan dan mempublikasian data. Kedepannya kita akan mengundang admin-admin dari masing-masing SKPD untuk menghidupkan kembali bank data kalteng, ketika di provinsi sudah mantap kita akan mengundang dari kab/kota, karena perencanaan tidak akan bagus kalau datanya tidak lengkap, dan perencanaan tidak akan bagus kalau tidak ada analisis data yang baik. (tino/tp)

Administrator

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook