Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 30 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 52 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Juli 2020 16:58, Dibaca 84 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa memperhatikan aktivitas pada tempat-tempat yang beresiko tinggi sehingga dapat menghindari paparan Covid-19.

Gubernur Kalteng juga meminta kepada seluruh penanggung jawab atau pengelola kegiatan atau tempat-tempat yang beresiko tinggi untuk melakukan adaptasi atau penyesuaian sehingga dapat mengurangi resiko penularan Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Astrid Teresa, Sp.KK dalam press release yang digelar pada Minggu (12/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Rakoornas Penanganan Prostitusi dan Suporting Penutupan Lokalisasi)

Dalam keterangannya, dr. Astrid Teresa menyampaikan, jumlah pasien sembuh Covid-19 saat ini mencapai 754 orang saat ini setelah ada penambahan sebanyak 30 orang dalam 24 jam terakhir. Sebanyak 30 orang yang baru dinyatakan sembuh yakni 15 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 9 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barito Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Diketahui, Sebanyak 30 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 8 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 9 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 2 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Puruk Cahu, 6 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Kota Palangka Raya, 2 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Tamiang Layang dan 3 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSI PKU Muhamadiyah.

Total sebanyak 754 orang dinyatakan sembuh termasuk 30 orang yang baru dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 305 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 8 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 108 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 9 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 45 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 89 orang, 29 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 2 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 35 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 16 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, RSUD Pulang Pisau 7 orang, 34 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 6 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 7 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 18 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD TNI, isoslasi mandiri 3 orang, RSUD Kuala Kurun 12 orang, 3 orang berdasarkan hasil dari RS Betang Pambelum, 8 orang berdasarkan hasil dari RSI PKU Muhamadiyah, 3 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir dan 2 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Tamiang Layang.

dr. Astrid Teresa juga menyampaikan, kasus positif Covid-19 di Kalteng saat ini masih mengalami penambahan. Jumlah kasus positif telah mencapai 1206 kasus. Telah terjadi penambahan pada kasus positif sebanyak 52 orang dalam 24 jam terakhir.

Sebanyak 52 orang tersebut, masing-masing 13 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 7 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 7 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya, 12 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Terkonfirmasi positif yang baru saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 10 orang, 5 orang berada di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 3 orang berada di RSUD Murjani Sampit, 1 orang berada di RSUD Puruk Cahu, 7 orang berada di RSUD Mas Amsyar, 12 orang berada di RSUD Jaraga Sasameh, 4 orang berada di RS Kota Palangka Raya, 7 orang berada di RSUD Muara Teweh, 1 orang berada di RS Bhayangkara, 1 orang berada di RSUD Kuala Kurun dan 1 orang lainnya berada di RSI PKU Muhamadiyah.

Saat ini, total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 1206 yakni 754 orang sudah dinyatakan sembuh, 70 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 382 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 382 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 54 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 70 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 6 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 66 orang, RSUD Puruk Cahu terisa 24 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 19 orang, RSUD Mas Amsyar menjadi 9 orang, RSUD Jaraga Sasameh menjadi 18 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 3 orang, RS Kota Palangka Raya tersisa 14 orang, RSUD Muara Teweh menjadi 20 orang, RS Bhayangkara menjadi 17 orang, RSUD TNI tetap 4 orang, menjalani isolasi mandiri tersisa 8 orang, RSUD Kuala Kurun menjadi 12 orang, RS Betang Pambelum tetap 13 orang, RSI PKU Muhamadiyah tersisa 10 orang dan RSUD Tamiang Layang tersisa 15 orang saat ini.

dr. Astrid Teresa juga menuturkan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini masih berada di angka 5,8 persen. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini menjadi 70 orang saat ini. Ada penambahan dibanding tanggal 11 Juli 2020 sebanyak 2 orang.

Sebanyak 2 orang tersebut yang baru meninggal, masing-masing 1 merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau. Diketahui, 2 orang tersebut sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Lebih lanjut disampaikan oleh dr. Astrid Teresa, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng berada di 11 Kabupaten/Kota. Jumlah kasus PDP saat ini tersisa 99 orang setelah ada pengurangan sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir.

PDP di RSDS Palangka Raya tersisa 18 orang saat ini, RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 8 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 4 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menjadi 34 orang, RS Siloam tetap 3 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 4 orang, Bhayangkara tersisa 1 orang, RSUD Muara Teweh tersisa 6 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 15 orang saat ini, PDP di RS Kota Palangka Raya tersisa 1 orang dan RS Kuala Pembuang tetap 3 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 13 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Kapuas 10 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 33 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 3 orang, Kabupaten Seruyan 5 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Lamandau 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 15 orang dan Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Terakhir disampaikan dr. Astrid Teresa, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan tersisa sebanyak 193 orang, ada pengurangan sebanyak 50 orang dibanding tanggal 11 Juli 2020. ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 80 orang. (WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook