Vaksinasi Kalimantan Tengah Masuk Sepuluh Besar Nasional

Kontribusi dari Widia Natalia, 31 Desember 2021 19:42, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, merilis capaian vaksinasi Covid-19. Berdasarkan rilis tersebut cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Provinsi Kalimantan Tengah masuk dalam 10 besar nasional.

"Alhamdulillah cakupan vaksinasi dosis pertama kita sudah mencapai 77,5 persen. Kalimantan Tengah berada diperingkat 9 dari Provinsi lainnya. Ini merupakan hal yang bagus untuk kita semua. Ini berkat kerjasama semua instansi, element masyarakat dan semua daerah dalam upaya peningkatan vaksinasi,” kata Gubernur H. Sugianto Sabran, usai memantau kondisi daerah, Jumat (31/12/2022), sore.

(Baca Juga : Sekda Nuryakin Minta Kabupaten/Kota Aktif Lakukan Upaya Antisipasi Kenaikan Inflasi)

H. Sugianto Sabran menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan terus berupaya mendorong tiap-tiap Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota, untuk segera menuntaskan target vaksinasi.

"Kita terus upayakan, agar target di Kabupaten/Kota segera terpenuhi. Jika memang diperlukan, Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 dari Provinsi siap untuk diterjunkan. Agar kekebalan komunal, segera terbentuk. Daerah yang belum tercapai untuk terus ditingkatkan lagi vaksinasinya, kita dorong agar Kalteng dapat cepat tercapai vaksinasinya,” tegasnya.

Kepada seluruh Bupati dan Wali Kota, H. Sugianto Sabran meminta, agar dapat terus berkoordinasi dan menginformasikan capaian ataupun ketersedian stok vaksin, kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sehingga apabila diperlukan cepat akan segera dikerahkan lagi untuk peningkatan vaksinasinya.

"Segera informasikan kepada kami, jika memang di daerah stok vaksinnya kurang. Nanti akan kita koordinasikan dengan pemerintah pusat, agar segera mengirimkan. Percepatan vaksinasi harus lebih digencarkan lagi di Kalteng,” sebutnya.

Gubernur Sugianto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mensukseskan program vaksinasi Covid-19 dan disiplin protokol kesehatan, agar penularan virus korona terkendali dan bisa terhindar.

“Awal Tahun 2022 ini kita tingkatkan lagi vaksinasi. Untuk masyarakat kita aman dan nyaman dalam menghadapi situasi pandemi covid saat ini,” tutup Gubernur Sugianto.

Adapun dari data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, tercatat vaksinasi Covid-19 dosis I untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah telah mencapai 77,13%. Adapun Kabupaten yang belum mencapai 70% ada lima Kabupaten yakni Kabupaten Barito Selatan 69,24%, Murung Raya 69,13%, Barito Utara 67,59%, Gunung Mas 67,17%, Kapuas 63,36%. Sementara untuk Dosis II 46,72 persen. Untuk vaksin sendiri masih siap sebanyak 311.391 dosis, untuk BOR RS 2,22%. (AS/Foto:MMC)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook