Wagub Kalteng Sampaikan Pandangan Pelaksanaan Restorasi Gambut & Rehabilitasi Magrove

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 Desember 2021 13:23, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Diskusi Akhir Tahun dalam Memberikan Pandangan Terhadap Pelaksanaan Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Kamis (3012/2021).


Diskusi dibuka oleh Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono Prawiraatmadja. Dalam sambutannya Hartono Prawiraatmadja menyampaikan tugas BRGM 6 Tahun yang lalu adalah mengkoordinasikan dan memfasilitasi semua stakeholder dalam upaya percepatan restorasi gambut di 7 Provinsi.

(Baca Juga : Asosiasi Diskominfo Se-Indonesia Adakan Pertemuan)

Dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan secara khusus, sistematis, terpadu, terarah dan menyeluruh, Presiden RI telah membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016. BRG mempunyai tugas mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut pada 7 (tujuh) Provinsi yaitu Prov. Riau, Prov. Jambi, Prov. Sumsel, Prov. Kalbar, Prov. Kalteng, Prov. Kalsel dan Prov. Papua. BRG berkewajiban menyusun rencana dan pelaksanaan restorasi ekosistem gambut dengan luas kurang lebih 2 juta hektar di 7 Provinsi. Sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 120 tahun 2020, BRG berubah menjadi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) untuk masa kerja tahun 2021-2024. BRGM bertugas memfasilitasi percepatan pelaksanaan restorasi gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada areal restorasi gambut 1,2 juta Hektar di 7 Provinsi serta melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove 600.000 Hektar di 9 Provinsi. Prov. Kalteng hanya masuk dalam target Provinsi restorasi gambut.

Sebagaimana diketahui, bencana kebakaran dan asap merupakan bencana yang setiap tahun terjadi. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya pada masalah hutan dan lahan, namun juga merusak lingkungan dengan menurunnya biodiversitas serta meningkatkan emisi karbon.

Sementara itu, Sekretaris BRGM Ayu Dewi Utari dalam laporannya menyampaikan BRGM di Tahun 2021 ini semakin maju kedepan, semakin berpengalaman dalam melangkah untuk penanganan kegiatan Restorasi Gambut dan Mangrove serta semakin kompak. Kegiatan repleksi akhir Tahun 2021 BRGM adalah untuk berdiskusi, melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama Tahun 2021 terutama kepada masyarakat secara luas. Pada kegiatan ini, masing-masing stakeholder terkait memberikan tanggapan terkait program dan kegiatan dari BRGM di Tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, Wagub H. Edy Pratowo saat menyampaikan tanggapannya bahwa Pemprov. Kalteng berharap sekali BRGM bisa terus berjalan dengan baik dimana dampaknya sudah dirasakan. H. Edy Pratowo mengatakan dengan adanya program dari BRGM, Pemprov. Kalteng merasa terbantu dalam menjalankan kegiatan-kegiatan Pemerintahan. Untuk diketahui, Pemprov. Kalteng telah membentuk Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Prov. Kalteng sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kepala BRGM Nomor: P. 7/KaBRGM/2021 tentang Pedoman Pembentukan dan Pelaksanaan Tim Restorasi gambut dan / atau Rehabilitasi mangrove Daerah. TRGD Prov. Kalteng terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/325/2021, dan untuk mendukung kelancaran kegiatan TRGD telah ditetapkan Sekretariat TRGD yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua TRGD Nomor 660/472.1/III.2/DLH/2021.

Wagub Kalteng didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Hamka.(WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook