Wagub Kalteng Dampingi Mensos Tinjau Lokasi Banjir di Flamboyan, Palangka Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 November 2021 19:18, Dibaca 812 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mendampingi Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir dan rumah-rumah warga terdampak banjir di Kawasan Sungai Kahayan, Flamboyan, Kelurahan Langkai, Kecamatan pahandut, Kota Palangka Raya, Rabu (24/11/2021). Mensos didampingi oleh Anggota Komisi VIII DPR RI H. Iwan Kurniawan, Wakil Ketua Komite III DPD RI H. Muhammad Rakhman dan Anggota DPRD Prov. Kalteng Jainudin Karim.

Disela-sela kunjungannya, Mensos Tri Rismaharini mengatakan rencananya pihak Kementerian Sosial dan Pemprov. Kalteng akan menggelar Rapat Penyiapan Lumbung Sosial pada 25 November 2021. Sebagaimana diketahui, prakiraan oleh BMKG, puncak Musim Hujan 2021/2022 di sebagian besar wilayah Zona Musim (ZOM) diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari.

(Baca Juga : Hadiri Rakor Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Musim Kemarau 2023, Wagub Edy Pratowo Sampaikan Langkah Antisipatif Kalteng)

“Ramalan dari BMKG, puncaknya Januari Februari, mudah-mudahan tidak sampai maret. Kita harus persiapkan jangan sampai ada warga yang terisolir kemudian tidak bisa mendapatkan akses makan karena akses mobilitasnya terputus”, ucap Risma.

“Besok akan digelar rapat, penyiapan lumbung sosial, bukan lumbung pangan saja karena disitu ada perahu, penjernih air, genset yang bisa digunakan warga saat mengungsi. Lokasi-lokasi akan dipilih oleh Kepala Daerah yakni di 4 Kabupaten dan 1 Kota Palangka Raya”, pungkasnya.

Berdasarkan hasil peninjauan, nampak genangan air sudah surut. Banjir yang melanda kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Mendawai, Jalan Anoi, dan Flamboyan, Kota Palangka Raya, kini sudah surut. Nampak aktivitas masyarakat mulai kembali normal, seperti di Pasar Kahayan, walaupun tidak seramai seperti biasanya.


Saat melakukan peninjauan, Mensos melakukan penyerahan bantuan logistik door to door untuk masyarakat terdampak banjir di Pasar Kahayan.

Turut hadir melakukan peninjauan diantaranya Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi dan Plt Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Farid Wajdi. Dari Pemerintah Kota dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.(wdy/foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook