Bina KIM Di Daerah, Diskominfo Kalteng Kunjungi Pengrajin Anyaman Purun

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Oktober 2021 17:26, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Seruyan – Plt. DiskominfoSantik Prov. Kalteng didampingi Kepala Seksi Kemitraan DiskominfoSantik Prov. Kalteng Elyanie dan JFT. Pranata Humas Ferawati melakukan Visitasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Kabupaten Seruyan yakni kerajinan anyaman purun yang berada di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kamis (01/10/2021). Dari Pemerintah Kabupaten hadir Kadis kominfo Kab. Seruyan Sugianoor, Kadis Koperindag Kab. Seruyan Primermen dan Plt Kasi Operasional Pelabuhan dan Kesyahbandaran UPT PPI Kuala Pembuang Levriyuto Elkajuli.

Visitasi dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pengelolaan KIM.

(Baca Juga : Hadiri Rakornas Inflasi di Istana Negara, Gubernur Sugianto Sabran Kembali Ingatkan Bupati/Wali Kota Sediakan Anggaran Cukup untuk Ketahanan Pangan)


Sunarni, salah satu pengrajin purun Desa Pematang Panjang menyampaikan bahwa dirinya sudah sejak Tahun 2011 sebagai pengrajin purun. Berbagai bentuk kerajinan anyaman purun yang dibuat diantaranya tas, dompet, hingga tikar.

“Untuk harga hasil kerajinan purun sangat bervariasi, tergantung model dan ukurannya yakni mulai dari kisaran Rp. 25.000,- sampai 150.000,-“, tutur Sunarni sambil menunjukan produk hasil kerajinan purun.

Sejak pandemi Covid-19, diakui Sunarni hasil penjualan kerajinan purun menurun. Sunarni mengungkapkan bahwa hasil kerajinan purun hanya dijual dari rumah.

Melalui visitasi ke Kabupaten-Kabupaten, DiskominfoSantik Prov. Kalteng ingin melihat lebih dekat tentang bagaimana strategi Diskominfo di Kabupaten dalam melakukan pembinaan KIM sampai di Kecamatan/Desa.

Plt. Kepala DinaskominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi mengatakan ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, semua dipaksakan untuk bekerja cepat dan memahami sesuatu yang berhubungan dengan tekhnologi. Dampak pandemi akan masih terasa sampai Tahun 2023 mendatang baik dari sisi perekonomian dan lainnya. Diharapkan kepada pengurus KIM di Daerah untuk lebih memaksimalkan tekhnologi informasi untuk mempermudah komunikasi.

“Ini menjadi tantangan dan hambatan kedepan. Bagaimana untuk mengelola ini menjadi sebuah komunitas yang bukan hanya kelompok informasi tetapi memajukan usaha-usaha sesuai dengan bidangnya”, ucap Plt. Kadis Kominfo Kalteng saat melakukan Visitasi KIM binaan Kabupaten Seruyan di Aula Bupati Seruyan, Kamis (30/9/2021).

Purun sendiri merupakan sejenis rumput anggota suku teki-tekian yang memang sering dimanfaatkan sebagai bahan anyam-anyaman. Rumput ini tumbuh di paya dan rawa-rawa.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook