Peringati Hari Rabies Dunia, DPKH Kobar Bekerja Sama dengan PDHI Cabang Kalteng Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 28 September 2021 15:09, Dibaca 152 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia (World Rabies Day) tahun 2021, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Kalimantan Tengah di Kobar melakukan kegiatan vaksinasi gratis untuk hewan peliharaan. Kegiatan ini digelar di halaman belakang kantor DPKH pada Selasa (28/9/2021).

Plt Kepala DPKH Kobar, M. Rosihan Pribadi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati hari rabies sedunia. Selain itu, kegiatan vaksinasi gratis untuk hewan ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah mencegah penularan virus rabies dari hewan ke hewan dan juga dari hewan ke manusia.

(Baca Juga : Gubernur: 100.000 paket akan segera dibagikan di seluruh Kalteng)

"Pelaksanaan Vaksinasi rabies ini bertujuan untuk mencegah penularan virus rabies dari hewan ke hewan dan juga dari hewan ke manusia, mengingat virus rabies merupakan salah satu penyakit yang menular dan bersifat zoonosis," ucapnya.

Dalam rangka Hari Rabies Dunia (World Rabies Day) saat ini, selain vaksinasi rabies kegiatan ini juga menerima pemeriksaan dan konsultasi kesehatan hewan, vitamin gratis untuk hewan serta steril untuk anjing jantan ras domestik. Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Pelayanan Kesehatan Hewan DPKH Kobar, Gusti Muhammad Sofyannoor menjelaskan, untuk syarat vaksinasi rabies yang terpenting anjing tersebut berumur diatas 4 bulan dan sehat. Selain itu hewan tersebut juga sedang tidak hamil, sedangkan untuk sterilisasi minimal umur 6 bulan dan sehat.

“Untuk vaksinasi rabies saat ini hanya melayani untuk anjing sesuai dengan arahan Ditjen Kementan," ujar Gusti Sofyan.

Pada kegiatan Hari Rabies Dunia tersebut dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan vaksin kucing sebanyak 25 ekor, anjing 11 ekor, sedangkan untuk steril sebanyak 1 ekor. (dpkh kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook