Gerakan Peduli Mitigasi Bencana

Kontribusi dari Misyuwe, 27 November 2017 14:16, Dibaca 2,097 kali.


MMCKalteng- Pelaksanaan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana dalam rangka Perlindungan dan Optimalisasi Fungsi Situ, Danau, Waduk, Embung, dan Sumber Air Permukaan lainnya dengan agenda kegiatan Penanganan Sampah dan Penghijauan pada hari ini, Senin (27/11) yang dilaksanakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga dalam rangka Hari Bhakti PUPR ke- 72. Kegiatan ini dilaksanakan serentak se Indonesia, untuk wilayah Palangka Raya dilaksanakan  di TPS 3R Mandiri Mufakat Kelurahan Kalampangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh tamu undangan diantaranya, Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR Ir. Kuswardono.,MCP, Kepala Balai Wilayah Sungai, Asisten I bidang Pemerintahan kota Palangka Raya, Dharmawanita Provinsi, Dharmawanita Kota Palangka Raya, Perwakilan sekolah, Lurah Kalampangan, Lurah Kameloh Baru, Kasatker PSPLP Provinsi Kalteng, Tim OSP 6 Kalteng Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), Polsek Sebangau, Komunitas Pecinta Lingkungan, dan masyarakat.

(Baca Juga : Sekda H. Nuryakin: MTQH XXX Sebagai Wahana Syiar Islam)

Diadakannya kegiatan ini agar memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama dalam  peran  dan partisipasi menjadikan lingkungan bersih dan sehat dan dalam upaya menjaga kualitas air dan sumber air agar tidak tercemar karena sampah.   Dalam upaya mengelola sampah tidak hanya menjadi urusan pemerintah saja dalam menanganinya melainkan  masyarakat pun menjadi pelopor utama yang bergerak aktif membantu pemerintah dalam mewujudkan gerakan peduli mitigasi bencana, dan menjadikan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah agar menjadi kota tanpa kumuh sehingga masyarakat dapat hidup lebih baik, bersih dan sehat.

Dalam Gerakan Peduli Mitigasi Bencana juga berbicara terkait dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dimana dalam  penanganan sampah 3R ini memiliki manfaat salah satunya mengurangi polusi udara, mengurangi sarang vektor penyakit, meningkatkan kebersihan lingkungan, melindungi kualitas air sungai, melatih kesadaran lingkungan warga, mengurangi timbunan gas rumah kaca, memperpanjang umur teknis TPA, dan menciptakan siklus sampah.

Kegiatan ini diawali dengan pertunjukan tarian daerah Kalimantan Tengah, kemudian sambutan-sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR, dilanjutkan dengan talk show tentang pembelajaran persampahan dan ditutup dengan makan siang bersama (Yuwe/ Foto: Yuwe)

Misyuwe

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook