Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Dapat Bantuan Liquid Oxigen Cair Sebanyak 18.000 Liter

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 21 Agustus 2021 07:30, Dibaca 129 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menerima secara simbolis bantuan Liquid Oxigen Cair sebanyak 1 (satu) Isotenk ukuran 18.000 Liter dari Sinarmas Group di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, Jumat (20/8/2021). 


akil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengucapkan, "Terima kasih banyak kepada Sinarmas Group atas bantuannya dan ikut peduli dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah, dan ini memang kebutuhan yang memang kita perlukan," imbuhnya.

(Baca Juga : Mengolah Tanah Gambut Jadi Subur Tanpa Dibakar)


"Karena selain vaksin dan obat-obatan, oxigen menjadi salah satu yang kita harapkan bisa terpenuhi. Diharapkan nantinya oxigen ini akan kita bagikan ke rumah sakit daerah yang sangat membutuhkan di Provinsi Kalimantan Tengah," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dr. Suyuti Syamsul menambahkan, "Untuk kebutuhan oxigen dalam sehari di Provinsi Kalimantan Tengah berbeda-beda, kalau dulu kebutuhan oxigen sebanyak 10.000 m/ton, untuk sekarang sudah turun antara 7.000 - 8.000 m/ton, sehingga memang ketersediaan oxigen kita untuk saat ini akan lebih panjang, akan tetapi persediaan itu tidak sama antar rumah sakit kebutuhannya," imbuhnya.

"Oxigen concentrator yang sudah kita bagikan sebelumnya itu juga sudah membantu sangat banyak, karena kita sudah bisa menghemat sebanyak 10%," tambahnya.

"Perlu diketahui, penurunan kebutuhan oxigen itu menurun karena jumlah pasien yang juga ikut menurun. Isolasi terpusat juga menjadi solusi yang sangat membantu, sehingga kasus pasien yang bergejala berat menjadi jarang, sehingga pemakaian oxigen yang sebelumnya bisa mencapai 40 liter per menit sekarang bisa turun menjadi 5-10 liter per menit," tutupnya.

Turut hadir Forkopimda Prov. Kalteng dan pimpinan PT. Sinarmas Group, (Gery/Foto:Apul).

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook