Pelatihan Petani dan Penyuluh Tahun 2021

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 06 Agustus 2021 08:00, Dibaca 259 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti mengikuti secara virtual acara Pembukaan Pelatihan Petani dan Penyuluh pukul 08.00 WIB di Aula Dinas TPHP Prov. Kalteng, Jumat (6/8/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI H. Joko Widodo dengan tema “Pendampingan KUR serta Pelatihan Wirausaha Pertanian bagi Petani Milenial dari seluruh pelosok tanah air". Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng didampingi oleh Sekretaris Dinas TPHP Prov. Kalteng dan JFT Penyuluh Dinas TPHP Prov. Kalteng.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian di Gedung Bina Karakter PPMKP Ciawi. Pembukaan acara Pelatihan bagi Petani dan Penyuluh dilakukan bersamaan dengan Pengukuhan 2.000 Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) oleh Presiden RI. Rangkaian acara Pelatihan Petani dan Penyuluh yaitu Pemutaran Video Pelatihan Petani dan Penyuluh serta Pengukuhan 2.000 DPM-DPA, arahan dan pembukaan oleh Presiden RI, penyematan rompi DPM-DPA oleh Menteri Pertanian, pemberian Voucher KUR secara simbolis kepada Peserta Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh.

(Baca Juga : Sterilisasi dan Disinfeksi Penyemprotan Cairan Disinfektan)


Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa ketika hampir semua sektor negatif di tahun 2020, justru sektor pertanian tumbuh positif sebesar 1,75 % dan pada triwulan I 2021 yang lalu tumbuh positif 2,95 %. Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita harus membangun kemandirian pangan Indonesia, dan kesejahteraan petani harus bisa meningkat secara signifikan. Petani harus menjadi profesi yang menjanjikan, profesi yang mensejahterakan, dan kita harus membuat generasi muda lebih berminat menjadi petani, sebab dari total petani Indonesia sebanyak 71 % berusia 45 tahun ke atas, sedangkan yang di bawah 45 tahun sebanyak 29 %.

“Kepada para penyuluh pertanian selain melakukan penyuluhan dan pendampingan, saya minta para penyuluh juga menjadi mata, telinga yang menghubungkan petani dengan pemerintah dan juga sebaliknya. Saya minta kepada para penyuluh untuk terus belajar mengembangkan diri, tingkatkan pengetahuan dan keterampilan saudara-saudara di bidang teknis dan manajemen. Belajarlah terus bersama-sama dengan petani dengan koneksi internet yang tersedia, saudara jangan menunggu diklat untuk belajar, saudara harus aktif belajar sendiri bersama-sama masyarakat,” lanjutnya.


Hadir secara offline yaitu Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP), Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Ciawi, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Setjen, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Setjen, Direktur Pembiayaan Pertanian, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Ketua Kamar Dagang Indonesia Country Director Fund for Agricultural Development (IFAD), Peserta Pelatihan Petani dan Penyuluh, serta Perwakilan Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA). Sementara, hadir secara online yaitu Eselon II Lingkup Kementan, Kepala UPT Lingkup BPPSDMP, Kepala Dinas Provinsi yang menangani urusan pertanian, peternakan, dan tanaman di seluruh Indonesia, DPM/DPA seluruh Indonesia, Kepala Dinas Provinsi yang menangani urusan pertanian, peternakan, perkebunan, dan tanaman pangan di seluruh Indonesia, Kepala UPT dan staf Kementerian Pertanian, Pimpinan Perguruan Tinggi Mitra dan SMK PP Binaan Kementerian Pertanian, beserta civitas akademika, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Forum Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4S) seluruh Indonesia, Ikatan Alumni Magang Jepang (IKAMAJA) seluruh Indonesia, serta Mahasiswa Polbangtan/ Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI). (Andrew HS/TPHP).

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook