Masyarakat Semakin Antusias dengan Layanan Baru

Kontribusi dari Dispursip Kalteng, 19 Juli 2021 12:37, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Uji coba adaptasi kebiasaan baru yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang dimulai sejak Kamis, 15 Juli 2021 mendapat respon baik dari masyarakat Kalteng. Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim mengatakan hingga hari ini, Senin (19/7/2021), antusias masyarakat sangat tinggi.

“Hal ini menjadi peluang kita untuk menambah daya tarik kunjungan pemustaka walaupun dengan sistem online dan menjadi momen bagi masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca," tuturnya.

(Baca Juga : Kepala Disnakertrans : IPK Tahun 2023 Diharapkan Naik )

Layanan yang baru diluncurkan yaitu Peminjaman Buku Online, Pembuatan Kartu Anggota dan Penelusuran Buku Online Public Access Catalog (OPAC). Peminjaman buku online dapat dilakukan apabila kita sudah memiliki kartu anggota Perpustakaan Kalteng.

“Dispursip Kalteng dengan layanan peminjaman buku online sudah membuktikan bahwa kita bersama harus memaksimalkan iptek di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Selanjutnya Dispursip Kalteng juga telah menunjukkan kebijakan yang mendukung kegiatan pembatasan interaksi di masa pandemi. Jadi, saya sebagai pemustaka tidak khawatir ketika pergi ke Perpustakaan untuk meminjam buku,“ ucap Eunike Priskila, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Palangka Raya.


Ia juga menambahkan dengan adanya layanan peminjaman buku online ini menjadi wadahnya untuk menyalurkan hobinya yaitu membaca buku. “Dengan adanya layanan baru seperti ini, kita tetap bisa aktif dan produktif untuk membaca buku. Mengingat, layanan yang diberikan pun sangat memudahkan pemustaka,“ katanya. 

Tata cara pinjam buku online, pertama Pemustaka mencari buku yang dicari dengan akses OPAC lewat gawai masing-masing di website dinas, dispursip.kalteng.go.id, untuk mengetahui apakah buku yang dicari tersedia di Perpustakaan Kalteng. Kemudian, Pemustaka menghubungi operator via WA untuk konfirmasi peminjaman buku dengan nomor 0822 5056 9900. Selanjutnya operator membalas dengan mengirimkan formulir peminjaman buku. Kemudian, Pemustaka mengisi formulir tersebut dan mengirimkan kembali ke Operator, lalu Operator akan membalas mengenai waktu pengambilan pesanan bukunya. Selanjutnya, Pemustaka akan mengambil buku yang sudah disiapkan petugas pada waktu yang sudah ditentukan.

Riska Dwi Amiranda, pelajar SMP Negeri 2 Palangka Raya menyebutkan bahwa mekanisme peminjaman di Perpustakaan Kalteng sangat mudah. “Layanan ini mudah diakses sekalipun oleh seorang pelajar dan memotivasi saya untuk tetap membaca buku walaupun sedang di situasi saat ini. Kita juga tidak perlu menunggu antrian untuk administrasi peminjaman serta dapat meminimalisir kontak secara langsung antara petugas dan pemustaka,“ ujarnya. 

Untuk Peminjaman Buku Online bisa dipesan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dan diambil mulai pukul 14.00 WIB – 15.30 WIB hari yang sama. Apabila peminjaman buku dilakukan setelah pukul 11.00 WIB, buku akan disediakan hari berikutnya mulai pukul 09.00 WIB selama hari kerja. (Mega Asri Lestari) 

Dispursip Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook