Gubernur Yakin Program Kawasan Klaster Tambak Udang Vaname Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi dan PAD Kalteng

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 17 Juli 2021 15:46, Dibaca 1,943 kali.


MMCKalteng – Sukamara – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Prov. Kalteng Ir. H. Darliansjah, M.Si bersama Tim Percepatan Pembangunan Kawasan Klaster Tambak Udang Vaname Kalteng melaksanakan kunjungan teknis ke lokasi pembangunan tambak udang vaname di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Sabtu (17/7/2021). Kedatangan Kadislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah dan rombongan ini disambut langsung oleh Bupati Sukamara H. Windu Subagio. Dalam kesempatan ini H. Darliansjah menyampaikan salam hormat dan ucapan terima kasih Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran kepada Bupati Sukamara dan seluruh masyarakat atas dukungannya selama ini.

Ditambahkan dalam pesannya, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan apresiasi atas kemajuan pembangunan Kabupaten Sukamara termasuk pembangunan di sektor kelautan dan perikanan. Percepatan pembangunan kelautan dan perikanan harus dilakukan dengan sangat koordinatif dan sinergis antara kabupaten, provinsi dan pusat, sebagaimana yang sudah dilakukan Bupati Sukamara pada saat ini. 

(Baca Juga : Pesan Dinas DP3APPKB Prov. Kalteng dalam Pawai Budaya FBIM 2022, Cegah Perkawinan Usia Dini)

Dalam pesannya yang disampaikan H. Darliansjah, Gubernur sangat yakin dan percaya bahwa sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tahun 2021 ini, Gubernur H. Sugianto Sabran memberikan dukungan penuh untuk pembangunan kawasan tambak udang vaname Kalteng dengan lokasi di Kabupaten Sukamara atau program shrimp estate sebanyak 5 klaster di Desa Sei Raja. Kawasan shrimp estate ini dilengkapi fasilitas hulu dan hilir berupa Cold Storage, Pabrik Es, dan lain-lain.


Untuk tahap pertama tahun 2021 berupa Detail Engineering Design (DED), master plan dan perencanaan, landclearing, steaking, pembuatan jalan masuk kawasan, pembuatan saluran, dan jaringan listrik. Tahap selanjutnya tahun 2022 dilaksanakan pembangunan tambak dan sarana prasarana, serta infrastruktur jalan.

Menutup pesan Gubernur Kalteng, Kadislutkan Prov Kalteng mengharapkan agar program shrimp estate ini dapat berjalan dengan sukses. "Kami berharap tentunya dukungan penuh dan sinergitas Bapak Bupati Sukamara dan jajarannya, khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara, termasuk melibatkan masyarakat Sukamara," tutup H. Darliansjah. (Adt/ Foto:Indra)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook