Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Pimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 Juni 2021 18:13, Dibaca 452 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sebagai langkah mengantisipasi adanya lonjakan akibat kasus penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kalteng yang dilaksanakan melalui zoom meeting, Jumat (25/6/2021). Rapat dihadiri oleh peserta dari TNI, Polri, Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Pemerintah Kota Palangka Raya terkait, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten dan Kota, Satgas Kecamatan dan Satgas Desa dan Kelurahan se-Kalteng, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Erlin Hardi.

Dalam arahannya Erlin Hardi mengatakan, “Data kasus aktif Covid-19 sejak 15 Juni 2021 cenderung mengalami kenaikan, kecenderungan peningkatan kasus aktif ini untuk menjadi perhatian serius kita semua, sehingga ada upaya-upaya peningkatan yang dilakukan dalam pencegahan virus Covid-19 maupun dalam penanganan pasien konfirmasi,“ kata Erlin Hardi.

(Baca Juga : Doa Bersama Lintas Agama Bagi ASN dan Pegawai Kontrak di Lingkungan BKD Prov. Kalteng)

Lebih lanjut ia mengatakan, “Sesuai arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia tanggal 27 Juni 2021, yakni adanya langkah bersama kita bisa mengatasi wabah Covid-19, semua orang harus berperan serta, semua warga harus ikut berkontribusi. Tanpa adanya kontribusi kita tidak akan mampu menghentikan penyebaran Covid-19 ini. Pemerintah memutuskan PPKM Mikro masih menjadi kegiatan penghentian untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19. Bina Desa atau komunitas dapat dilakukan tanpa mematikan ekonomi rakyat, karena itu PPKM Mikro menjadi kegiatan sangat strategis dalam upaya penanganan Covid-19. Peran dari seluruh masyarakat mulai dari tingkat RT/RW, Desa dan Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi didukung oleh seluruh jajaran TNI/Polri dan instansi terkait sangat penting dalam upaya bersama dalam penanganan Covid-19 ini,“ sambungnya. 

“Menyikapi kondisi saat ini, PPKM Mikro harus semakin ditingkatkan pelaksanaannya, pastikan pelaksanaan empat fungsi Posko Desa/Kelurahan berjalan dengan baik, yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan, kemudian ditambahkan pendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan. Penguatan fasilitas kesehatan dalam mengantisipasi lonjakan kasus, jangan sampai layanan kesehatan kita tidak mampu melayani jika terus terjadi lonjakan kasus Covid-19. PPKM Mikro harus makin ditingkatkan pelaksanaannya, yang sudah bagus dipertahankan dan semakin dipermantap, yang belum berjalan dengan baik, agar Satgas Kecamatan dan Satgas Kabupaten/Kota didampingi sehingga pelaksanaan PPKM Mikro lebih baik,” lanjutnya.

“Pastikan pelaksanaan PPKM Mikro di Posko Desa dan Kelurahan berjalan dengan baik, yakni sesuai fungsi dari pencegahan, ada penanganan, ada pembinaan dan mendukung pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan. Selanjutnya penguatan fasilitas kesehatan dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 sehingga perlu disiapkan secara memadai baik dari segi fasilitas dan tenaga kesehatan,” tutupnya. (Hlm.23 /6/2021/DewiS /foto /Data:  PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook