Rentan Terhadap Paparan Covid-19, Pemerintah Gencar Lakukan Pemberian Vaksinasi Bagi Lansia di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 08 Juni 2021 09:52, Dibaca 152 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), pemerintah Prov. Kalteng melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan pemberian vaksinasi kepada masyarakat secara gratis atau tanpa biaya. Program pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk mengurangi resiko terhadap paparan Covid-19 yang penyebarannya sudah tersebar di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng.

Sekretaris BPBPK Prov. Kalteng Maria Cahaya mengatakan, “Berdasarkan data terkini sampai dengan tanggal 7 Juni 2021 kemarin, di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng capaian pemberian vaksinasi Covid-19 tahap I terkhusus bagi lansia dengan total mencapai 13,78%. Sedangkan capaian pemberian vaksinasi Covid-19 tahap II dengan total mencapai 5,16 % saja. Artinya masih sedikit masyarakat atau lansia yang sadar dan mau mengikuti program pemerintah dalam pemberian vaksinasi ini,“ ucapnya, Selasa (8/6/2021).

(Baca Juga : Peningkatan Upaya Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah)

“Sebagai tindak lanjut arahan dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng secara khusus seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Kontrak untuk wajib mendaftarkan keluarga, teman, tetangga minimal sebanyak 2 orang yang sudah lansia dalam program pemerintah, pemberian vaksinasi  ke tempat-tempat yang telah ditentukan,“ ungkapnya.

“Pemberian vaksinasi bagi lansia ini bertujuan untuk mengurangi resiko terhadap paparan Covid-19. Orang yang berisiko tinggi terpapar Covid-19 adalah mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti hipertensi, diabetes, jantung, asma hingga gagal ginjal. Selain itu, orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau yang berusia lanjut yakni di atas 60 tahun dan mereka yang mengalami obesitas atau berat badan berlebihan,“ sambungnya. 

“Bagi lansia yang sudah menerima vaksinasi tahap I dan tahap II, kami sampaikan tetaplah menerapkan Protokol Kesehatan 4M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Selanjutnya tetaplah berperilaku hidup sehat, karena melakukan pencegahan yang sangat penting,“ tutupnya. (Hlm.8/6/2021/DewiS/foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook