Bunda Literasi Kalteng : Kemampuan Membaca Merupakan Faktor Penting Dalam Pengembangan Wawasan dan Pemahaman Terhadap Beragam Konteks Kehidupan Masyarakat

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 Mei 2021 08:28, Dibaca 122 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Bunda Literasi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menjadi narasumber pada webinar Bincang literasi. Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kalteng secara virtual, Senin (03/5/2021).

Dalam paparannya, Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa sebagai Bunda Literasi Provinsi Kalteng, beliau juga memiliki peran dan keterlibatan dalam meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat di Kalteng. Untuk itu, Ivo Sugianto Sabran mengatakan mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan minat dan budaya baca di Kalteng, baik secara langsung maupun tidak langsung,  bersinergi dengan TP PKK dan Bunda PAUD, Dharma Wanita dan pihak lainnya mengkampanyekan Gerakan Kalteng Membaca pada saat kunjungan ke Daerah maupun sebagai narasumber dalam berbagai acara.

(Baca Juga : Kadis P3A-PPKB : Dengan Satgas yang melibatkan Masyarakat, Informasi dan Permasalahan di Lapangan Bisa Diketahui )

Lebih lanjut Ivo Sugianto Sabran mengatakan bahwa kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam pengembangan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan gemar membaca dilakukan melalui 3 jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat (UU No. 43 Thn 2007 ttg Perpustakaan), sedangkan Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan.

Ivo Sugianto Sabran berharap kepada Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng agar lebih banyak melakukan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan Tingkat Literasi masyarakat yg berdasarkan hasil survey Perpusnas masih kategori rendah.

Bincang literasi digelar oleh Pemerintah Daerah melalui Dispursip Provinsi Kalteng bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) se Kalteng dalam rangka upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Kalteng. Acara ini mengusung Tema “Berbagi Cerita Literasi”.

Bincang literasi dibuka oleh Plt. Kepala Dispursip Provinsi Kalteng Sri Widanarni. Dalam sambutan pembukaan, Plt. Kepala Dispursip Provinsi Kalteng Sri Widanarni mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mensukseskan “Gerakan Kalteng Membaca” yang telah dicanangkan oleh Gubernur Kalteng pada Bulan September 2020, dengan tujuan untuk  menumbuhkan minat dan budaya baca masyarakat Kalteng melalui TBM dalam mendukukung Visi Misi Gubernur Kalteng untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah serta mensukseskan Visi Pemerintah RI Tahun 2020-2024, yaitu mewujudkan SDM Unggul, Indonesia Maju. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi antara Pemerintah Daerah selaku Pembina Perpustakaan di Daerah dengan TBM yang ada di Kalteng serta ajang berbagi pengalaman para pengelola TBM, mengingat TBM sangat berperan membantu ketersediaan bahan bacaan di daerah.

Melalui kegiatan ini juga disosialisasikan Pergub Kalteng No 58 Tahun 2020 tentang Pembudayaan Gemar Membaca yang bertujuan mendorong berbagai pihak dan semua stakeholder, baik Pemerintah, Sekolah, Keluarga, Swasta, Penggiat Literasi, masyarakat, dll sehingga semuanya berperan aktif dan ambil bagian dalam Peningkatan kualitas SDM yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Selain menghadirkan Bunda Literasi sebagai Keynote speaker, webinar ini menghadirkan Pemantik yakni Ferry Irawan selaku Ketua Forum TBM se-Kalteng. Ferry Irawan juga menyampaikan harapannya agar Pemerintah Daerah dapat memberikan pembinaan dan dukungan sarana dan prasarana termasuk buku bacaan, sehingga kebutuhan literatur masyarakat dapat dipenuhi.

Kagiatan ini dipandu oleh Moderator yakni Runner Up Duta Baca Kalteng 2020 Noorhidayah.  Webinar dihadiri oleh Semua jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Se-Kalteng, Pustakawan dan Forum TBM se-Kalteng.(Sumber : Dispursip Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook