Karhutla di Prov. Kalteng Ada 143 Kali Kejadian

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 04 Mei 2021 11:49, Dibaca 312 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Pantau kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei mengalami kenaikan. Hal ini membuat pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah bersama dengan Instansi terkait melakukan upaya-upaya dalam pencegahan agar kejadian dapat diminimalisir dan ditekan kejadiannya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng Maria Cahaya menyampaikan, “Data kejadian Karhutla yang terjadi di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng dari Bulan Januari sampai dengan tanggal 3 Mei 2021 telah mencapai 143 kali kejadian yang sebelumnya pada bulan April hanya 76 kali kejadian,” ucapnya, Selasa (4/5/2021). 

(Baca Juga : TRC Pusdalops BPBPK Prov Kalteng Lakukan Pemadaman Pemukiman)

“Kejadian tersebut terjadi di Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah terjadi di Kabupaten Barito Selatan dengan 3 kali kejadian, di Kabupaten Barito Utara dengan 7 kali kejadian, di Kabupaten Gunung Mas dengan 4 kali kejadian, di Kabupaten Kapuas dengan 3 kali kejadian, di Kabupaten Katingan dengan 20 kali kejadian, di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan 32 kali kejadian, di Kabupaten Kotawaringin Timur dengan 20 kali kejadian, di Kabupaten Lamandau dengan 9 kali kejadian,“ sambungnya. 

"Sedangkan di Kabupaten Murung Raya dengan 6 kali kejadian, di Kota Palangka Raya dengan 14 kali kejadian, di Kabupaten Pulang Pisau dengan 2 kali kejadian, di Kabupaten Seruyan dengan 6 kali kejadian, di Kabupaten Sukamara dengan 17 kali kejadian dan di Kabupaten Barito Timur masih nihil kejadian. Total secara keseluruhan kejadian kebakaran yang terjadi di Kabupaten dan Kota Prov Kalteng sampai dengan kemarin telah mencapai 143 kejadian,“ tutupnya. (Pky.4/ 5/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook