Peran Pentahelix Cegah Karhutla Sampai Tingkat Kelurahan/Desa

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 30 April 2021 11:44, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanganan Karhutla Provinsi  Kalimantan Tengah Tahun 2021 yang dilaksanakan bulan Maret 2021 lalu menyampaikan terkait langkah strategis dan konkret pengendalian karhutla, yaitu Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dapat membentuk Satuan Tugas (Satgas) pencegahan Karhutla sampai tingkat Kelurahan/Desa. Upaya yang diperkuat adalah upaya pencegahan terjadinya Karhutla dengan melaksanakan sosialisasi, diseminasi dan pendampingan pembukaan lahan tanpa dibakar, pelatihan, dan patroli bersama. 

Kepala Bidang Pencagahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Kibue menuturkan, “Upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan optimalisasi peran pentahelix dalam pencegahan Karhutla, koordinasi pemantapan pencegahan Karhutla, dan komitmen bersama untuk mewujudkan Kalteng bebas kabut asap 2021,” ucapnya, Jumat (30/4/2021). 

(Baca Juga : Dislutkan Bersinergi dengan Bank Kalteng Laksanakan Asuransi Kusuka BERKAH)

“Kolaborasi antara masyarakat serta pembetukan Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan atau Posko Lapangan (Poslap) di setiap Kelurahan/Desa yang rawan terjadinya Karhutla, yang personilnya berasal dari unsur Pemerintahan setempat, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), yang tugasnya akan melakukan patroli, sosialisasi dan penyadartahuan Karhutla, serta melakukan pemadaman gabungan," sambungnya. 

“Selanjutnya perlu adanya monitoring, cek lapangan, patroli dan kampanye, dan masyarakat sekitar perlu diberikan pengetahuan dalam mengolah lahannya, melakukan penegakan hukum dan melakukan penanganan dini di daerah rawan Karhutla," tutupnya. (Pky.30/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook