Tim Komisi II DPR RI Melakukan Pertemuan Dengan Pemprov Kalteng beserta Jajaran

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 April 2021 10:17, Dibaca 111 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Tim Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020 – 2021 di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng). Pertemuan antara Tim Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng beserta jajaran digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (12/4/2021).

Tim Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI ke Prov. Kalteng terdiri dari 14 orang anggota yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II / F-PPP H. Syamsurizal. Anggota Komisi II DPR RI yang hadir diantaranya Arif Wibowo, H. Yadi Srimulyadi, H.M. Rifqinizami Karsayuda, Teti Rohatiningsih, Andika Pandu Puragabaya, Elnino M. Husein Mohi, Irwan Ardi Hasman, Aminurokhman, H. Tjetjep Muchtar Soleh, H. Mohammad Muraz, H. Mardani, John Siffy Mirin dan Hj. Nurhayati.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Himbau Masyarakat Mencintai dan Menggunakan Produk Indonesia)

Agenda Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI yakni melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalteng, Kepala Badan Pelayanan Terpadu, Badan Kepegawaian Daerah Prov. Kalteng, Kepala Perwakilan ORI Prov. Kalteng, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Prov. Kalteng dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai Evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Evaluasi Persiapan Proses Penerimaan P3K dari Guru Honorer di Prov.Kalteng, Evaluasi Pelaksanaan pilkada serentak 2020 dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Prov. Kalteng.


Wakil Ketua Komisi II / F-PPP H. Syamsurizal menyampaikan maksud dan tujuan Tim Komisi II DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020 – 2021 di Kalteng dalam rangka mendengarkan secara langsung penjelasan berkenaan dengan Pelaksanaan pilkada serentak 2020 di Kalteng, upaya perampingan penyegaran Pemerintahan, Proses Penerimaan P3K dari Guru Honorer di Prov.Kalteng serta penjelasan terkait penanganan Covid-19 di Prov. Kalteng.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengawali sambutannya mengucapkan Selamat Datang kepada Dr. H. Syamsurizal S.E., M.M Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PPP beserta rombongan dan pendamping dari Kementerian/Lembaga di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Tanah Berkah Prov. Kalteng.

“Pertama-tama, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan pribadi, saya mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak Dr. H. Syamsurizal S.E., M.M Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PPP beserta rombongan dan pendamping dari Kementerian/Lembaga di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Tanah BERKAH Provinsi Kalimantan Tengah. Menjadi suatu Keberkahan skaligus Kebanggaan bagi Kalimantan Tengah, karena dipilih menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja Komisi II DPR RI pada kesempatan ini”, ucap Habib Ismail Bin Yahya saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng.

Habib Ismail Bin Yahya berharap, dengan adanya kunjungan kerja tersebut akan semakin mempererat hubungan koordinasi dan kerjasama dalam pembangunan di Kalteng.

“Pelaksanaan pembangunan tentunya memerlukan dukungan semua pihak, termasuk dari jajaran legislatif DPR RI”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan kepada seluruh rombongan DPR RI Komisi II dan para pejabat pendamping dari Kementerian/Lembaga bahwa secara umum seluruh pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan, pilkada serentak dan penerimaan CPNS telah terlaksana dengan baik tanpa ada permasalahan yang berarti. Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, hal tersebut tidak lain berkat kerja sama yang baik dari semua pihak dalam mensukseskan program Pemerintah.

Habib Ismail Bin Yahya juga menyampaikan, penyelenggaraan Pemerintahan di Prov. Kalteng mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Kelurahan/Desa sudah berjalan baik dalam upaya menciptakan kesejahteraan rakyat, ketersediaan fasilitas dan layanan infrastruktur yang memadai. Namun tentunya kuantitas dan kualitas masih perlu untuk terus ditingkatkan, mengingat tantangan dunia yang semakin dinamis.

Habib Ismail Bin Yahya juga menjelaskan terkait perkembangan Covid-19 di Kalteng, dimana sampai saat ini masih cenderung mengalami peningkatan. Jika dibandingkan dengan Nasional, kasus konfirmasi Kalteng berkontribusi 1,15 % terhadap Nasional. Kalteng terus melakukan upaya untuk menekan jumlah pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya adalah inisiasi penyedian Intensive Care Unit (ICU) pada masing-masing rumah sakit rujukan di Kabupaten/ Kota se- Kalteng.

Lebih lanjut, Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan, Hhal ini disebabkan kasus kematian yang hampir terjadi setiap hari, sehingga perlu lebih kita perhatikan. Pemprov. Kalteng juga terus berupaya dalam menekan Pandemi Covid-19 yang melanda, melalui Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 pada tingkat Desa dan Kelurahan, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2021.

Terakhir, sehubungan dengan daftar pertanyaan yang disampaikan oleh Komisi II DPR RI beberapa waktu yang lalu, Habib Ismail Bin Yahya mengutarakan bahwa pertanyaan tersebut telah dikompilasi dari beberapa Perangkat Daerah dan instansi terkait untuk dijawab secara komprehensif.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur Kalteng diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua KPU Prov. Kalteng Harmain Ibrohim, Ketua Bawaslu Prov. Kalteng Satriadi, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng R. Biroum Bernardianto dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook