Sekda Kalteng Menjadi Mentor Rancangan Proyek Perubahan Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 April 2021 11:00, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri menghadiri sekaligus menjadi mentor pada Seminar Rancangan Proyek Perubahan Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2021. Seminar ini dihadiri Sekretaris Daerah secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (09/4/2021).

Peserta Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2021 yakni dari Instansi Prov. Kalteng diantaranya Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty dan Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto. Seminar ini juga diikuti peserta berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Kepegawaian Negara dan  Instansi Jawa Barat.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Melakukan Pelepasan Simbolis Bantuan Sosial Korban Banjir Melalui Jalur Udara)

Pada tahap ini para peserta menyusun dan mengembangkan gagasan perubahan sesuai dengan hasil identifikasi kondisi dan permasalahan yang dihadapi unit Instansi dan dikomunikasikan permasalahan tersebut kepada stakeholdernya (internal dan eksternal) yang dituangkan dalam bentuk Rancangan Proyek Perubahan (RPP). Seminar ini untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak guna penyempurnaan RPP lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri sekaligus memberikan bimbingan kepada peserta selama proses Rancangan maupun Implementasi Proyek Perubahan. Fahrizal Fitri menyatakan mendukung proyek perubahan yang disampaikan oleh peserta dari Instansi Prov. Kalteng.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty memaparkan terkait Optimalisasi UPT. Industri makanan, minuman dan kemasan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng dalam meningkatkan daya saing produk Industri Kecil Menengah (IKM). Aster Bonawaty menyampaikan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng menyelenggarakan fungsi diantaranya perumusan kebijakan teknis dibidang perdagangan dan perindustrian sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan serta pembinaan dan pengkoordinasian industri makanan, minuman dan kemasan.

Aster Bonawaty juga mengatakan tujuan proyek perubahan untuk jangka pendek yakni tersusunnya rancangan Peraturan Gubernur Kalteng tentang UPT. Industri makanan, minuman dan kemasan. Untuk jangka menengah yakni tersusunya infrastruktur dan regulasi UPT. Industri makanan, minuman dan kemasan. Terakhir, untuk jangka panjang yakni beroperasinya Industri makanan, minuman dan kemasan Prov. Kalteng.

Lebih lanjut Aster Bonawaty menjelaskan, manfaat proyek tersebut diantaranya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Prov. Kalteng, tersedianya fasilitas pelatihan IKM terkait pembuatan kemasan produk, tersedianya layanan konsultasi dan informasi mengenai kemasan dan proses pengemasan bagi produk IKM dan meningkatkan kualitas produk IKM khusunya dalam hal kemasan sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto memaparkan mengenai Pemberdayaan Peran KPH dalam Program Perhutanan Sosial untuk meningkatkan PAD. Sri Suwanto menyampaikan program tersebut mempunyai tujuan diantaranya jangka pendek untuk mengukur pergeseran konseptual di KPH terhadap program PS. Untuk jangka menengah yakni memberikan gambaran umum dan promosi bagi para pihak yang terlibat dalam kegiatan PS maupun bisnis produk PS untuk kelayakan atau prospek pasar terhadap hasil/produk PS. Terakhir, untuk jangka panjang bertujuan untuk memberikan informasi arah pengembangan bisnis produk PS yang terintegrasi, sehingga dapat fokus dalam menjalankan bisnis utama serta mampu memberikan kontribusi PAD dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook